Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Pencakar Langit Penjaga Hutan Amazon dari Kebakaran!

Kompas.com - 27/03/2014, 12:10 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Diusulkan oleh lima desainer asal China, yaitu Jie Huang, Jin Wei, Qiaowan Tang, Yiwei Yu Zhe, serta Hao, kehadiran Rainforest Guardian Skyscraper atau "Gedung Penjaga Hutan Hujan" ini akan menjadi satu-satunya pencakar langit di lanskap lebat hutan Amazon. Tujuannya cuma satu, melindungi daerah Amazon dari ancaman kebakaran dan kekeringan.

Dengan desain berbentuk lotus, proposal desain para desainer asal China itu merupakan salah satu bagian dari Kompetisi Pencakar Langit eVolo 2014. Nantinya, "Gedung Penjaga Hutan Hujan" tidak hanya berfungsi sebagai menara air, tetapi juga merupakan stasiun cuaca, pusat penelitian ilmiah, dan laboratorium pendidikan.

Menurut NASA, selama 12 tahun terakhir ini, kebakaran telah menghancurkan 3 persen dari hutan hujan Amazon. "Wabah" tersebut sulit untuk diprediksi, dan bahkan lebih sulit untuk dikontrol. Untuk itulah, "gedung penjaga" ini akan berfungsi sebagai perangkat yang mampu mencegah, memantau, dan memerangi kebakaran dengan cepat.

www.designboom.com Dalam isi proposalnya, gedung tersebut akan menangkap air hujan untuk kemudian disaring dan disimpan dalam waduk tambahan. Struktur gedung dibuat untuk menyerap air tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem di kawasan itu.
Dalam isi proposalnya, gedung tersebut akan menangkap air hujan untuk kemudian disaring dan disimpan dalam waduk tambahan. Struktur gedung dibuat untuk menyerap air tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem di kawasan itu.

Pada kasus kebakaran, pemadam akan terbang ke tempat kejadian dan memadamkan dengan air yang sudah terkumpul sebelumnya di menara ini. Laboratorium penelitian pun akan memungkinkan para ilmuwan memantau perubahan iklim dan stabilitas lingkungan. Bahkan, gedung ini juga akan bertindak sebagai galeri pameran bagi wisatawan untuk mempromosikan kesadaran lingkungan.

Nah, apakah ini bisa jadi inspirasi menanggulangi kebakaran hutan di Riau?

www.designboom.com Pada kasus api, pemadam kebakaran akan terbang ke tempat kejadian dan memadamkan air dengan air yang sudah terkumpul sebelumnya di menara ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com