Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Terbuka untuk Vladimir Putin....

Kompas.com - 21/03/2014, 13:17 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Arsitek Tadao Ando, Rem Koolhaas, Kengo Kuma, Thom Mayne dan Elizabeth Diller, terselip di antara nama-nama lain yang memohon penangguhan penghancuran Menara Radio Shukhov di Rusia. Lewat surat terbuka tertanggal 13 Maret 2014 itu, para pakar dari berbagai bidang ilmu di seluruh dunia memohon agar Presiden Rusia, Vladimir Putin, menjaga kelestarian menara tersebut.

Nama-nama yang turut menandatangani surat terbuka ini berasal dari berbagai disiplin ilmu. Tak hanya arsitek, insinyur, bahkan seniman pun turut ambil bagian. Sementara itu, konten surat digubah oleh sejawaran Jean-Louis Cohen dan fotografer Richard Pare.

Seperti dikutip Dezeen.com, Cohen dan Pare adalah ahli di bidang arsitektur Soviet. Pare pun mengorganisir para penandatangan surat ini dan bertanggung jawab atas tanggapan maupun jawaban terkait surat.

Pada surat terbuka itu disebutkan, Menara Radio Shabolovka di St. Moscow merupakan struktur terbesar di antara struktur serupa. Struktur ini menjadi maha karya Vladimir Shukhov, sekaligus monumennya.

"Ini adalah salah satu emblem Moscow, dan salah satu prestasi rekayasa superlatif dari abad keduapuluh, juga mempengaruhi dan memperkaya teknis serta ide arsitektur global," bunyi penggalan surat terbuka tersebut.

Menurut Dezeen.com, surat ini juga menekankan bahwa penggantian menara bisa membuka celah bagi perencanaan tata ruang setempat. Merubuhkan dan menggantinya dengan struktur baru memungkinkan penghapusan batasan ketinggian gedung yang biasanya hanya sampai sembilan lantai menjadi 50 lantai.

Kampanye dan surat terbuka ini diluncurkan menyusul pengumuman persetujuan Russian State Committee for Television and Radio Broadcasting membongkar menara tersebut. Keputusan ini sebenarnya memang beralasan, karena seperti bangunan yang akan dirubuhkan lainnya, bangunan tersebut keadaannya memburuk seiring waktu.

Tampaknya, dunia baru menyadari pentingnya bangunan ini ketika penghancurannya semakin dekat. Selain itu, dalam surat terbuka pun disebutkan bahwa "Membongkar menara dan menyimpan komponennya untuk membangunnya kembali, meski mungkin dilakukan, akan sangat berbahaya karena tidak adan jaminan bahwa konstruksi mungkin dilakukan".

Selain itu, pembongkaran ini pun akan menghilangkan hubungan antara menara dengan lingkungan Shabolovka di sekitarnya.

Isi lengkap surat terbuka, beserta nama-nama yang menandatangani surat tersebut bisa diakses pada tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com