Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Cara Mudah Merawat Tanaman dalam Rumah

Kompas.com - 20/03/2014, 12:54 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tanaman tidak hanya membuat pemandangan di dalam rumah Anda lebih menarik. Tanaman hijau juga mampu membersihkan udara di dalamnya. Sayangnya, tidak semua orang punya cukup waktu untuk merawat tanaman di dalam rumahnya. Padahal, tanaman juga butuh perhatian dari pemiliknya.

Desainer lanskap Newport Beach Bridget Skinner punya cara agar Anda bisa sukses merawat tanaman di dalam rumah berikut ini.

Pertama-tama Skinner menganjurkan Anda membawa tanaman-tanaman dalam skala kecil ke dalam rumah. Anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai hiasan meja. Taruh di tengah-tengah meja makan atau di pinggir meja kerja Anda. Karena letaknya ada di depan mata Anda, maka Anda akan cenderung ingat merawatnya, memberinya air, setiap dibutuhkan.

Selain menaruh tanaman di lokasi-lokasi yang mudah terlihat, coba juga memanfaatkan teknologi untuk mengingatkan Anda menyiram serta merawat tanaman. Unduh aplikasi khusus, atau gunakan aplikasi sederhana seperti kalender untuk mengingatkan Anda.

Domaine (Dari kiri ke kanan) Tanaman Zamioculcas zamiifolia atau tanaman Zamio, tanaman Lidah Mertua, tanaman Scindapsus aureus atau Sirih Belanda, Jade Plant atau Crassula ovata, Radiator Plant atau Peperomia griseoargentea.

Kedua, sejak awal cobalah memilih tanaman yang membutuhkan sedikit perawatan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih tenang tanpa perlu khawatir tanaman layu ketika Anda sibuk bekerja. Simak jenis-jenis tanaman yang tangguh tersebut dalam tautan berikut ini. Meski sudah memiliki tanaman yang mampu bertahan dalam kondisi minim cahaya, sebaiknya berikan juga kesempatan bagi tanaman tersebut menerima cahaya matahari.

Ketiga, cobalah menggunakan wadah atau pot yang berukuran lebih besar dari tanamannya. Tidak perlu berukuran jauh lebih besar. Yang terpenting adalah ketersediaan ruang untuk bertumbuhnya tanaman tersebut.

Anda bisa membuat tanaman memiliki ukuran yang sama dengan cara memangkasnya. Hanya, ingat bahwa beberapa tanaman tidak perlu bahkan sebaiknya jangan dipangkas. Tanaman-tanaman seperti palem dan bunga anggrek sebaiknya jangan pernah dipangkas (kecuali bagian menyerupai durinya).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com