Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Material Perabot Tahan Lama

Kompas.com - 20/03/2014, 10:22 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Pengalaman banyak orang sudah membuktikan bahwa rumah-rumah yang di dalamnya terdapat anak kecil membutuhkan perabot berkualitas tinggi. Perabot tersebut harus dibuat dari material kuat yang tidak mudah rusak, tergores, luntur, atau basah.

Christine Tusher dari Houzz.com memiliki saran untuk Anda yang tengah bergelut dengan masalah serupa. Ia tahu persis masalah yang tengah Anda alami. Christine memberikan daftar material-material kokoh dan material yang sebaiknya Anda hindari berikut ini.

Material pertama yang sebaiknya Anda pilih bagi sofa adalah kulit. "Kecelakaan" kecil, seperti tumpahnya minuman atau makanan dapat dengan mudah diatasi dan dibersihkan dari permukaan kulit. Material ini akan tampak semakin istimewa seiring berjalannya waktu. Karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakannya.

Sayangnya, material ini hanya cocok bagi Anda yang punya anak kecil atau memelihara anjing. Bagi Anda pecinta kucing, sebaiknya Anda menghindari material ini. Selain itu, kulit juga mahal harganya. Jika sofa kulit tidak masuk dalam anggaran, maka cobalah menggunakan micro suede. Bahan ini bisa dibersihkan dengan menggunakan lap basah.

Beranjak dari ruang tamu, kini tengoklah halaman Anda. Batu kerikil berpotensi tertendang, dilempar oleh anak ke jendela Anda, serta masuk di antara sol sepatu dan kemudian merusak lantai interior. Alih-alih menggunakan batu kerikil untuk menutup halaman, Anda bisa menutup sebagian halaman atau menutup pijakan dengan beton. Jalan setapak semacam ini tampak bersih, rapih, dan nyaman sebagai tempat bermain anak. Pastikan saja Anda masih menyisakan permukaan terbuka untuk tumbuhnya rumput dan menjadi tanah resapan.

Kembali masuk ke dalam rumah dan kunjungi dapur Anda! Untuk permukaan meja dapur, Christine menyarankan Anda menggunakan permukaan dari batu kuarsa. Secara spesifik, ia memang menyebut Caesarstone. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan merek atau material lain dengan kualitas serupa. Pasalnya, Christine juga menyarankan material ini semata karena kekuatannya yang tidak mudah tergores dan pecah.

Kemudian, hindari juga penggunaan kayu sebagai permukaan meja dapur dan permukaan lantai. Sulit memang, terlebih karena kayu punya karakter kuat yang sangat cantik. Sayangnya, kayu mudah tergores. Pastikan saja anjing-anjing Anda punya kuku pendek yang tidak berpotensi tinggi menggores lantai kayu.

Untuk lantai Anda, selain menghindari penggunaan kayu, sebisa mungkin hindari juga penggunaan karpet dari bulu binatang atau hide rugs. Hindari penggunakan karpet jenis ini dalam ruang yang sering digunakan, terlebih oleh binatang peliharaan Anda. Keindahan bulunya bisa cepat hilang karena binatang peliharaan Anda tidak bisa membedakan antara hide rugs dan mainannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com