Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Celah Hukum, Mantan Pramugara Sukses Bangun Rumah Idaman

Kompas.com - 19/03/2014, 07:10 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Mantan pramugara Steve Areen sangat beruntung. Setelah berkesempatan melihat tempat-tempat eksotis di seluruh dunia karena pekerjaannya, kini dia pun bisa bersantai di salah satu tempat eksotis yang pernah dia kunjungi. Areen membangun rumah impiannya di Thailand.

Steve Areen Rumah kubah unik di Thailand milik Steve Areen


Adanya celah dalam hukum pertanahan Thailand, membuat pria ini bisa membangun rumah peristirahatan di area milik rekannya tanpa izin khusus. Areen pun membangun dengan harga sangat masuk akal, yaitu hanya 9.000 dollar AS atau setara Rp 101,7 juta untuk rumah seluas 46,4 meterr persegi.

Rekan Areen tersebut bernama Hajjar Gibran. Bersama istrinya, Gibran menawarkan sebidang tanah di perkebunan mangganya untuk Areen. Ide desain Gibran berpadu dengan ide-ide Areen, juga dibantu dengan kemampuan pertukangan menantu Gibran, Tao. Akhirnya, hunian unik ini pun menjadi kenyataan.

Steve Areen Rumah unik ini berada di Thailand. Steve Areen membangunnya sendiri dan membuat rumah impiannya dengan biaya tidak sampai 10.000 Dolar AS.
Rumah tersebut tidak hanya unik dengan warna oranye mencoloknya. Rumah yang dilengkapi dengan pemanas air dan listrik ini memiliki sistem pendingin udara sederhana. Celah di atas kubah rumah memuat rumah tetap sejuk saat cuaca panas.

Steve Areen Satu lagi tampilan rumah berbentuk kubah oranye milik Steve Areen.
Tidak hanya rumah utama. Sekeliling area rumah juga tampak menarik. Dia membuat kolam kecil yang menambahkan ketenangan di rumah peristirahatan tersebut.

Areen telah berhasil membangun rumah dengan blok-blok semen dan batu bata dari tanah liat. Keberhasilan ini membuatnya ingin membangun kembali rumah serupa di Oregon, Amerika Serikat. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com