Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Trik Pencahayaan 3 Area Utama Kamar Mandi!

Kompas.com - 17/03/2014, 13:23 WIB
KOMPAS.com - Menempatkan lampu di kamar mandi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk mengetahui titik cahaya ideal, berikut ini trik pencahayaan tiga area utama di kamar mandi yang perlu Anda ketahui.

Secara sederhana, kamar mandi dibagi menjadi tiga area utama. Area shower atau bathtub , kloset, dan wastafel (vanity ). Setiap area ini memerlukan jenis pencahayaan yang tidak sama. Berikut ini adalah trik pencahayaan 3 area utama di kamar mandi yang perlu Anda ketahui.

1. Area shower atau bathtub.

Anda dianjurkan menempatkan lampu yang memiliki ketahanan baik terhadap cipratan dan uap air. Hal ini untuk menghindari hubungan arus pendek yang dapat merusak lampu, terutama penyuka mandi dengan air hangat.

www.houzz.com Pencahayaan di area ini harus disesuaikan dengan kebiasaan pemilik rumah. Jika area ini digunakan juga untuk membaca, maka aplikasikan lampu bercahaya memadai untuk aktivitas baca. Jika ada artwork di area ini, berikan penerangan yang dapat menonjolkan kecantikan karya seni itu.
2. Area kloset atau toilet.

Pencahayaan di area ini harus disesuaikan dengan kebiasaan pemilik rumah. Jika area ini digunakan juga untuk membaca, maka aplikasikan lampu bercahaya memadai untuk aktivitas baca. Jika ada artwork di area ini, berikan penerangan yang dapat menonjolkan kecantikan karya seni itu.

www.houzz.com Banyak kegiatan dilakukan di sini, mulai bercukur, menyikat gigi, bahkan berdandan. Semua kegiatan ini berkaitan dengan wajah, maka usahakan cahaya dari lampu jatuh tepat di wajah.
3. Area wastafel (vanity).

Banyak kegiatan dilakukan di sini, mulai bercukur, menyikat gigi, bahkan berdandan. Semua kegiatan ini berkaitan dengan wajah, maka usahakan cahaya dari lampu jatuh tepat di wajah.

Cahaya seperti itu idealnya datang dari lampu dinding, di sisi kiri dan kanan cermin, bukan dari atas. Manfaatkan cermin untuk membiaskan cahaya dari lampu, sehingga jatuhnya di wajah menjadi lebih lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com