Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hentikan Suara Bising dari Luar Rumah dengan Empat Cara

Kompas.com - 17/03/2014, 10:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com -  Tinggal tidak jauh dari jalan raya memang memudahkan Anda berkegiatan setiap hari. Sayangnya, ketika malam tiba, suara bising kendaraan sangat mengganggu. Hentikan kebisingan dari luar rumah dengan melakukan beberapa hal sederhana ini.

Pertama, cari sumber masuknya suara ke dalam rumah Anda. Brightnest.com menyarankan Anda membayangkan suara seperti air yang mengalir. Untuk menghentikan suara tersebut, Anda perlu menutup kebocorannya.

Cobalah cari bagian mana dari rumah Anda yang terbuka atau terlalu tipis hingga suara bising bisa mudah masuk ke dalam rumah. Cek jendela, pintu, dinding, atau lubang ventilasi. Celah yang ada di langt-langit rumah pun bisa membuat suara bising dari luar "bocor" ke dalam rumah Anda. Gunakan penyegel akustik untuk menambal celah-celah ini.

Kedua, gunakan karpet, area rug, gorden, dan furnitur empuk untuk menyerap suara. Selain meredam suara dari luar, suara yang berasal dari luar rumah ketika Anda menonton acara televisi pun bisa dikurangi.

Ketiga, tambahkan drywall atau papan gipsum di permukaan dinding rumah Anda. Fokuskan pada area yang benar-benar dibutuhkan. Anda mungkin perlu menambahkan papan gipsum ini di kamar anak atau ruang kerja Anda. Selain papan gipsum, panel akustik juga bisa menjadi pilihan. Hanya, panel akustik akan membutuhkan lebih banyak biaya dan sedikit berlebihan. Lebih baik, gunakan panel akustik untuk studio musik pribadi di rumah Anda.

Terakhir, ganti pintu rumah dengan pintu dari kayu utuh yang berat dan berkualitas baik. Bandingkan pintu tersebut dengan pintu kopong yang ringan dan murah. Anda bisa segera merasakan perbedaannya, bukan? Setelah melakukan hal-hal ini, Anda pun bisa beristirahat dengan lebih nyaman dan bangun tidur dengan lebih segar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com