Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Membuat Rumah Jadi Pembangkit Semangat

Kompas.com - 15/03/2014, 12:47 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Aktris Jamie Lynn Sigler beruntung memiliki bayi mungil lucu dan bisa mendongkrak semangatnya setiap pagi. Anda yang ingin selalu bersemangat setiap bangun pagi tak perlu mengikuti jejak Sigler. Ada cara jauh lebih mudah.

Lakukan saja lima langkah berikut ini dan jadikan rumah Anda "pembangkit semangat" yang ampuh. Anda bisa memanfaatkan akhir pekan kali ini untuk membenahi rumah!

Langkah pertama, singkirkan barang-barang yang tidak Anda perlukan dari kamar tidur. Berikan ruang bagi diri Anda sendiri. Rasakan perbedaannya setelah Anda menyingkirkan barang-barang tersebut.

Hal sama juga bisa Anda terapkan di ruang lain dalam rumah. Di dapur, misalnya, Anda yang sebetulnya tak membutuhkan microwave bisa memberikan pada keluarga atau menjualnya kembali. Mengurangi tumpukan barang bisa menekan tingkat stres Anda.

Langkah kedua, atur kembali susunan ruang-ruang di dalam rumah Anda. Sebelum mulai menggeser furnitur, rancang terlebih dahulu.

Atur posisi kasur di kamar tidur hingga Anda bisa dibangunkan oleh sinar matahari yang hangat dan lembut setiap pagi. Atur pula posisi televisi agar Anda tidak perlu silau ketika menikmati acara favorit. Pertimbangkan hal-hal sederhana ini sebelum Anda bergelut dengan masalah sepele yang mengganggu kenyamanan dan mood Anda.

Langkah ketiga, ubah pengalaman indera Anda di rumah! Bayangkan apa "ritual" Anda setiap pagi. Jika Anda selalu terbangun di pagi hari untuk pergi ke kamar mandi, kemudian menggosok gigi, dan turun ke dapur untuk membuat kopi, buat pengalaman tersebut lebih menyenangkan.

Ubah kenop pintu yang sulit dibuka dengan kenop baru. Cari kenop yang penuh gaya, cantik, dan unik.

Setiap pagi, ketika Anda belum sempurna terbangun dari tidur, Anda tidak perlu kesulitan membukanya. Kemudian, berikan keset pada bagian kamar mandi yang kering atau di sekitar kloset. Jangan biarkan kaki Anda menggigil setiap pagi.

Terakhir, Anda bisa menyediakan mesin pembuat kopi (coffee maker) yang disetel secara otomatis membuatkan Anda kopi pada jam tertentu. Langkah-langkah sederhana ini memberikan rasa keteraturan, kemudahan, dan kenyamanan untuk mendorong mood Anda.

Langkah keempat akan sedikit kontraproduktif dengan langkah pertama. Jika sebelumnya Anda diminta menyingkirkan barang yang tidak Anda perlukan, kini Anda didorong untuk membeli atau memasukkan barang baru ke rumah.

Tidak perlu besar dan mewah. Cari barang yang mampu membuat Anda tersenyum setiap hari. Jika Anda penggemar serial televisi Doctor Who, coba cari telepon rumah berbentuk Tardis. Jika Anda penggemar Liverpool, tidak ada yang melarang Anda menggunakan selimut dengan logo klub sepakbola kesukaan Anda tersebut.

Langkah terakhir, bersihkan rumah Anda! Rumah yang bersih, bebas debu dan tumpukan barang akan jauh lebih nyaman dari rumah kotor, dan penuh. Bantu diri Anda sendiri dengan menyempatkan waktu membenahi dan membersihkan rumah di akhir minggu ini!

Selamat berbenah!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com