Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lungguh", Kursi Buatan Anak Indonesia Ini Bisa Mengisi Baterai Ponsel!

Kompas.com - 14/03/2014, 11:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehidupan moderen tak bisa jauh dari penggunaan telepon genggam, tablet, dan komputer jinjing. Kerepotan dengan "kehidupan modern" itulah yang menginspirasi Brian dan Chyntia, dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, melakukan inovasi.

Bagi dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana itu, gadget sudah menjadi santapan sehari-hari. Tak hanya penggunaan telepon genggam, kebutuhan energi untuk mengisi baterai gadget tersebut juga sudah menjadi masalah sehari-hari. Inilah yang membuat keduanya terdorong membuat penemuan istimewa dan akhirnya memenangkan lomba "Go Green in the City" besutan Schneider Electric.

TABITHA NUGROHO/KOMPAS.com Inilah yang membuat kedua kedua mahasiswa itu terdorong membuat penemuan istimewa dan akhirnya memenangkan lomba
Brian dan Chyntia membuat sebuah kursi yang bisa mengubah panas tubuh pengguna kursi menjadi tenaga listrik. Kursi berteknologi itu kemudian mereka namakan dengan Lungguh. Lungguh berasal dari bahasa Jawa yang artinya duduk.

"Idenya berawal ketika teman kami kehabisan energi di handphone-nya dan di sana tidak ada sumber listrik," ujar Chyntia dalam video proposalnya di hadapan wartawan di Jakarta, Kamis (13/4/2014).

Menurut kedua mahasiswa itu, Lungguh bisa digunakan di mana pun, baik di dalam maupun di luar ruangan. Teknologinya juga bisa diadaptasi di mana pun, mulai dari sarana transportasi umum hingga fasilitas umum.

Saat ini Lungguh masih dalam proses pengembangan. Jadi, belum diketahui lamanya waktu diperlukan untuk mengisi baterai telepon genggam atau tablet. Namun, Brian mampu menjelaskan cara kerja kursi canggih ini.

"Cara kerjanya sederhana. Di sini ada termo elektrik dan bisa mengubah panas tubuh manusia menjadi listrik. Ini listriknya masih mili volt," ujar Brian.

Menurutnya, dia akan mengembangkan kursi tersebut hingga bisa digunakan dengan maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com