Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintegrasikan Perumahan di atas Lantai Parkir Mobil

Kompas.com - 10/03/2014, 12:09 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Arsitek yang berbasis di London, Brisac Gonzalez, mendesain sebuah kompleks perumahan tepat di atas gedung parkir. Proposal hunian terintegrasi ini dirancang untuk kawasan hunian di Bordeaux, Perancis, tengah semakin sulitnya lahan dan tingginya kebutuhan hunian.

Seluas 16 000 m2, pembangunan hunian ini merupakan menjadi bagian dari proyek 'Euratlantique' yang tersebar di tiga kota, meliputi Bordeaux , Begles, serta Floriac di Perancis. Terletak dekat tepi Sungai Garonne, proyek ini terdiri dari 1400 m2 ritel di lantai dasar, 450 ruang parkir empat tingkat, ditambah 19 atap apartemen tipe satu sampai tiga kamar tidur yang dilengkapi taman murah dan teras.

www.designboom.com Dia menuturkan, lantai terbuka di area ini menawarkan pencahyaan yang leluasa pada siang hari, serta ventilasi silang dan pandangan indah keluar, khususnya ke Sungai Garonne.
"Interior ruang parkirnya menawarkan suasana dinamis dengan langit-langit dicat berwarna-warni berseri. Skema pencahayaannya dibuat terintegrasi dan memantulkan cahaya dari mobil," ujar Gonzales.

Dia menuturkan, lantai terbuka di area ini menawarkan pencahyaan yang leluasa pada siang hari, serta ventilasi silang dan pandangan indah keluar, khususnya ke Sungai Garonne. Gonzales mengatakan, proyek 'Euratlantique' bertujuan untuk menciptakan pusat bisnis internasional yang akan menggabungkan berbagai lingkungan, toko-toko, kantor, serta transformasi Stasiun Kereta Api Bordeaux Saint Bordeaux.

www.designboom.com Pembangunan ini, lanjut dia, didasarkan pada kebutuhan koneksi rel dengan Paris, koneksi rel utama antara selatan dan utara Eropa pada 2020 nanti.
Pembangunan ini, lanjut dia, didasarkan pada kebutuhan koneksi rel dengan Paris, koneksi rel utama antara selatan dan utara Eropa pada 2020 nanti. Dia membayangkan, daerah ini akan memiliki 30 000 penduduk baru dan 20 000 lapangan kerja baru.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com