Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hebat, Dua Mahasiswa Ciptakan Kloset Lipat Hemat Air!

Kompas.com - 07/03/2014, 16:17 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Satu lagi penemuan baru di bidang perlengkapan kamar mandi. Duet mahasiswa asal Inggris yang mengenyam pendidikan di Universitas Huddersfield menemukan kloset hemat tempat dan air. Kloset tersebut bernama Iota.

Latar belakang penemuan ini adalah kian mungilnya ukuran rumah di kota besar. Gareth Humphreys dan Elliott Whiteley mempertimbangkan, ukuran kamar mandi pun akan semakin kecil. Jika ukuran kloset tetap, ruang gerak penggunanya pasti semakin terbatas.

"Toilet biasa punya banyak masalah, salah satunya adalah penggunaan air berlebihan yang tercipta berkat kebutuhan menggunaan air untuk mendorong kotoran di sekitar 'jebakan air' agar hanya tersisa air bersih di 'jebakan' tersebut," terang Humphreys dan Whiteley. "Kloset konvensional juga sangat besar, efeknya luar biasa pada kamar mandi berukuran kecil.

Sebaliknya, Iota hanya membutuhkan ruang satu per tiga dari luas yang biasa dibutuhkan kloset konvensional. Pasalnya, kloset ini bisa dilipat jika sedang tidak digunakan. Selain itu, Iota juga hemat air. Menurut Humphreys dan Whiteley, kloset hasil desain mereka hanya membutuhkan dua setengah liter air sekali siram. Sementara, kloset konvensional membutuhkan enam liter air.

Iota mampu bekerja dengan baik karena mangkuk kloset (toilet bowl) dilengkapi dengan saluran U yang secara otomatis terlepas dari pipa pembuangan dalam posisi duduk. Ketika penggunanya menyiram (flush) toilet ini dengan cara melipatnya ke posisi tegak lurus, saluran U tadi kembali tersambung.

Agar limbah tidak bocor, Iota dilengkapi dengan segel kedap udara. Sementara, rangka internal menahan mangkuk kloset dengan memanfaatkan mekanisme engsel geser dan rol dari nilon.

Sayangnya, penemuan mahasiswa ini masih dalam tahap konsep. Namun, Gareth Humphreys dan Elliott Whiteley sudah mendaftarkan patennya. Desain ini termasuk dalam The Royal Society for the encouragement of Arts, Manufactures and Commerce (RSA) Student Design Awards, khususnya kategori mereka ulang toilet.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com