Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga "Mood" dengan Kamar Tidur "Vintage"

Kompas.com - 06/03/2014, 17:03 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Amelia Allen dari GalTime.com punya ide istimewa untuk penataan kamar tidur Anda. Menurut dia, kamar tidur bukan hanya tempat untuk tidur, namun juga area yang tepat untuk mengembalikan "mood".

Idea Allen sebetulnya tidak sulit. Dia bilang, daripada memilih dekorasi yang terkesan berat, dekorasi "vintage" sepertinya tepat bagi Anda.

Seperti dikutip Huffington Post, tampilan "vintage" bisa Anda capai dengan mengkombinasikan beberapa elemen desain klasik dengan warna dan elemen tepat. Anda pun tak perlu memutar otak dengan keras. Berikut ini beberapa hal bisa Anda lakukan di rumah:

Pertama, carilah unsur-unsur dekorasi yang tidak lekang dimakan waktu. Tak peduli tren yang sedang marak saat ini, barang-barang "vintage" bisa membuat kamar tampil cantik.

Dekorasi "vintage" pun mampu membawa nuansa nostalgia dan romansa. Sayangnya, dekorasi ini identik dengan hal-hal lembut dan cantik sehingga kurang cocok untuk semua pria. Gaya mendekor ini umumnya lebih disukai kaum hawa.

Cobalah memulai dengan menggunakan rangka tempat tidur cantik dari besi. Anda juga bisa menggunakan tempat tidur kayu bergaya Prancis. Hias dengan bantal-bantal empuk yang nyaman, serta kombionasikan dengan aksesoris ekletik.

Laura Ashley dan RoyalDesignStudio Membuat kamar tidur bergaya
Kedua, hias dinding kamar tidur Anda. Pilih warna netral atau pastel. Kemudian, pilih juga corak untuk menghias dinding tersebut. Corak bergaya renda sangat cocok dengan tampilan "vintage". Padukan dinding bernuansa lembut tersebut dengan barang-barang dari kuningan atau barang antik lainnya.   

Terakhir, buat sendiri sandaran di bagian kepala tempat tidur Anda. Jika Anda enggan menggunakan tempat tidur berangka besi, cara ini bisa menjadi alternatif menarik dalam mendekor kamar tidur Anda. Cara ini mampu memberikan sentuhan pribadi di kamar tidur Anda.

Sementara itu, pendekatan yang berbeda juga bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan kamar "vintage". Caranya, pastikan Anda memadukan barang-barang bermaterial "mentah" dengan barang-barang lembut, tradisional, dan sedikit glamor.

Tonjolkan fitur arsitektur seperti batu, bongkah kayu, dan batu bata dengan tempat tidur dan sofa yang empuk dan nyaman. Masukkan juga kursi, meja, kredensa, dan meja rias tradisional. Tidak lupa, sertakan sedikit glamor dengan pencahayaan cantik.  

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com