Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... Panel Surya Juga Tampil Cantik untuk Fasad Rumah!

Kompas.com - 05/03/2014, 14:02 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Panel surya tak selalu dipasang di atap rumah. Selain menyerap energi, panel surya bisa dipasang sebagai fasad yang cantik melindung rumah dari panas langsung sinar matahari.

www.designboom.com Bernstrand menggunakan sistem modular yang mengintegrasikan panel surya ke bagian depan bangunan tempat tinggal. Mereka menggunakan awning, jendela, serta balkon sebagai tempat memasang panel surya.
Itulah yang dilalukan Studio Bernstrand, studio arsitek berbasis di Stockholm, Swedia. Bernstrand menggunakan sistem modular yang mengintegrasikan panel surya ke bagian depan bangunan tempat tinggal. Mereka menggunakan awning, jendela, serta balkon sebagai tempat memasang panel surya. Selain menjadi perisai dari panas matahari, pada saat yang sama panel ini menangkap banyak energi matahari untuk disimpan.

www.designboom.com Selain menjadi perisai dari panas matahari, pada saat yang sama panel ini menangkap banyak energi matahari untuk disimpan.
Desain dan penempatan potongan panel surya itu didasarkan jumlah maksimum sumber cahaya matahari yang menerpa. Bernard memanfaatkan matahari lewat jendela yang membuka dan menutup, melalui awning bergerak masuk dan keluar, serta teras atau balkon yang aktif dipenuhi cahaya matahari.

Modul yang disiapkan terdiri dari tiga jenis, yaitu balkon depan, awning, serta jendela pada semua jendela. Balkon dibangun untuk mencegah bayangan matahari di jendela dengan bukaan 400 mm di sisi rumah. Sementara itu, awning diposisikan di atas jendela dan dapat terus disesuaikan untuk memberikan pilihan seberapa maksimal sinar matahari mencapai balkon.

www.designboom.com Bernard memanfaatkan matahari lewat jendela yang membuka dan menutup, melalui awning bergerak masuk dan keluar, serta teras atau balkon yang aktif dipenuhi cahaya matahari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com