Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari, Pelaku Industri Konstruksi Peduli Lingkungan

Kompas.com - 01/03/2014, 18:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara dengan potensi besar untuk berkembangnya ide-ide konstruksi berkelanjutan. Hal ini turut didukung proses pembangunan yang pesat.  Sayangnya saat ini masih banyak pihak yang kurang memperhatikan konsep berkesinambungan.

Guru Besar Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Indonesia, Gunawan Tjahjono, mengatakan, ia  tidak melihat proses dan pengelolaan konstruksi di Indonesia dilakukan dengan benar mengacu pada sustainable construction. Semua masih dilakukan dengan serampangan dan seenaknya.

"Ketidakpedulian terhadap pelestarian lingkungan tercermin dari ketiadaan jumlah gedung hijau. Biaya investasi pembangunan yang tinggi sering menjadi kendalanya. Padahal dengan penambahan biaya sebesar 5 persen, penggunaan energi yang dihemat bisa mencapai hingga 50 persen.  Selain itu masih banyak bangunan yang tidak memperhatikan area resapan air, hal ini menyebabkan potensi banjir saat musim hujan tiba," tutur Gunawan usai keterangan pers Perkembangan Kompetisi Holcim Awards ke-4, di Jakarta, Sabtu (1/3/2014).

Oleh karena itulah, PT Holcim Indonesia Tbk menggelar kompetisi Holcim Awards tahun ini dengan tema konstruksi berkelanjutan (sutainable construction).

Holcim Awards, merupakan kompetisi global yang bertujuan mencari proyek maupun ide yang menerapkan konsep konstruksi berkelanjutan. Tujuannya adalah membangun solusi berkelanjutan bagi masa depan masyarakat agar proses pembangunan yang dilakukan tetap memperhatikan kebutuhan generasi yang akan datang.

"Kami tergerak untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai sustainable construction melalui kompetisi Holcim Awards yang kami selenggarakan," ujar Vice President Sales Holcim Indonesia, Juhans Suryantan.

Holcim Awards tahun ini menyediakan total hadiah 2 juta dollar AS (Rp 23,1 miliar) dengan dua kategori utama yaitu Main Category dan Next Generations. Kompetisi ini terbuka untuk para insinyur, arsitek, kontraktor, pemilik proyek yang menunjukkan kepedulian dalam menerapkan konsep sustainable construction.

Holcim juga memberi kesempatan bagi para mahasiswa dan profesional muda untuk menuangkan ide mereka mengenai rancang bangun dengan mengadopsi konsep sustainable constructions untuk kategori Next Generations. Penganugerahan penghargaan akan dilakukan pada November mendatang di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com