Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Cara Baru Bikin Iklan Tak Membosankan

Kompas.com - 01/03/2014, 11:43 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Iklan dan ornamen penghias fasilitas umum ternyata bisa dipadukan. Sedikit imajinasi dan kemauan untuk mengeksplorasi hal baru mampu menciptakan atmosfer menarik yang belum pernah dibayangkan sebelumnya.

Di Stockholm, Swedia, perusahaan periklanan, Stopp Family, membuat pariwara interaktif di stasiun kereta bawah tanah Odenplans untuk perusahaan Akestam Holst dan Apotek Hjartat. Iklan ini tidak mengganggu pengguna kereta bawah tanah. Sebaliknya, penduduk Stockholm bisa menikmati iklan sembari menunggu kereta dengan tujuan yang tepat.

Video berikut ini menampilkan pemasangan serta penampilan produk perawatan rambut Apolosophy di salah satu peron stasiun kereta bawah tanah. Di dalam video, tampak iklan tersebut bereaksi terhadap kereta yang melewatinya.

Kampanye kreatif yang dipajang pada tiang peron stasiun kereta bawah tanah tersebut menampilkan seorang model berambut panjang. Setiap kali kereta lewat, rambut sang model akan mengembang seperti tertiup angin. Seperti dikutip dalam Mashable, iklan ini berhasil menyampaikan pesan "membuat rambut Anda seolah hidup". 

"Kami harus membuat sebuah alat yang bisa dikalibrasikan untuk mendeteksi kedatangan kereta dan tidak bereaksi pada lalu lalang calon penumpang," ujar Stop Family dalam situs resminya. "Dengan menggunakan sensor ultrasonik, terhubung pada Rasberry Pi dan soket jaringan lokal, kami menghubungkan alat ke layar komputer. Di sana, film diaktifkan oleh kereta yang lewat."

Stopp tidak hanya memasang iklan tersebut, tetapi juga bertanggung jawab atas pengambilan gambar dan proses pascaproduksi. Ia juga bertanggung jawab pada seluruh layar interaktif di sepanjang stasiun kereta bawah tanah.

"Ide ini sederhana, dieksekusi dengan baik, membuat kami mampu menggunakan teknologi dalam cara baru," ujar Stopp. Situs yang sama juga menyatakan bahwa iklan ini mendapat apresiasi dari CLear Channel hingga Apotek Hjartat diberikan penawaran untuk memperpanjang kontrak pemasangannya hingga lima hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com