Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Minuman Anggur Ini Dibuat dari Bangkai Kapal

Kompas.com - 27/02/2014, 12:41 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Vena Cava Winery adalah fasilitas pembuatan minuman anggur atau wine di Lembah Guadalupe, Meksiko. Lokasi tepatnya berada 20km di timur Ensenada, Baja, California.

Bertempat di lokasi penghasil anggur terkenal, Vena Cava Winery menonjol di antara pabrik minuman anggur lainnya. Penyebabnya sederhana. Fasilitas ini punya desain bangunan unik yang dibuat dari bahan tidak biasa.

Claudia Turrent Alejandro d’Acosta Arquitectos Pintu masuk pabrik minuman anggur Claudia Turrent Alejandro d’Acosta Arquitectos. Bentuk pabrik di Lembah Guadalupe yang unik ini mengikuti bahan bakunya, kapal-kapal tua.
Vena Cava Winery dirancang oleh studio desain asal California, Amerika Serikat, Claudia Turrent + Alejandro d’Acosta Arquitectos. Studio inilah yang membuat Vena Cava Winery punya desain bangunan unik. Keseluruhan pabrik menggunakan bangkai kapal yang diambil dari pelabuhan tidak jauh dari lokasi pabrik.

Claudia Turrent + Alejandro d’Acosta Arquitectos tidak menggunakan potongan bangkai kapal untuk semua bagian pabrik. Studio ini membiarkan tanah di sekitar pabrik "telanjang". Sementara itu, studio tersebut menggunakan bagian-bagian bangkai kapal untuk menutup lantai interior serta plafon pabrik.

Bahan-bahan daur ulang memang memberikan nuansa yang sedikit berantakan bagi fasad pabrik. Namun, dengan cara yang istimewa, pabrik ini mampu menawarkan daya tarik tersendiri.

Claudia Turrent Alejandro d’Acosta Arquitectos Penampilan pabrik minuman anggur di Lembah Guadalupe dari angkasa tampak menarik. Pabrik anggur karya Claudia Turrent Alejandro d’Acosta Arquitectos ini pun menggunakan bahan-bahan daur ulang yang membuatnya tidak hanya menarik dipandang dari jauh.
Selain menggunakan bahan daur ulang, ada lagi hal istimewa yang dimiliki oleh pabrik tersebut. Seperti dikutip Designboom.com, pabrik ini memanfaatkan kontur tanah tempatnya berada untuk menekan ongkos produksi. Tanah miring dan dorongan angin merupakan dukungan alam yang sangat efektif untuk membuat pabrik anggur.

Claudia Turrent Alejandro d’Acosta Arquitectos Pandangan keluar dari dalam pabrik.
Proses pembuatan minuman anggur menjadi lebih murah karena penggunaan pompa bisa ditekan. Sumber yang sama menyatakan, gravitasi digunakan oleh pabrik minuman anggur ini untuk memberikan kendali lebih besar atas proses pembuatan anggur dan menganginan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com