Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Hemat dan Cepat Membersihkan Nat Keramik

Kompas.com - 25/02/2014, 10:55 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Membersihkan celah di antara keramik atau sering disebut dengan nat, sebenarnya tidak sulit. Jika cara membersihkan keramik seperti biasa tak mampu menghilangkan kotoran pada permukaan nat, Anda perlu mencoba trik khusus. Berikut ini beberapa cara dan solusi pembersih bisa digunakan untuk membersihkannya.

Pertama, cobalah menggunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan noda membandel di permukaan nat. Hidrogen peroksida merupakan oksidator kuat yang biasa dimanfaatkan sebagai pemutih, disinfektan, dan pembersih. Hanya, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya karena bahan ini bisa menyebabkan iritasi.

Caranya, campurkan air dengan hidrogen peroksida. Kemudian, bubuhkan campuran tersebut ke permukaan nat yang kotor. Pastikan bagian nat kotor itu terendam dalam campuran selama sekitar 15 menit.

Selanjutnya, gosok permukaan nat, dan bilas dengan air. Sebagai catatan, semakin lama Anda membiarkan hidrogen peroksida menutup permukaan nat yang kotor, semakin mudah menghilangkan kotoran di permukaannya.

Kedua, untuk membersihkan dengan cepat tanpa menggunakan bahan kimia, Anda bisa menggunakan produk Magic Eraser. Produk ini tersedia di toko perlengkapan rumah tangga, pasar swalayan, bahkan mini market di sekitar rumah Anda.

Anda hanya perlu memasukkan Magic Eraser ke dalam air, gosok pada permukaan nat, kemudian saksikan kotoran di permukaan nat terangkat. Lakukan hal ini setelah Anda mandi. Proses bisa berjalan lebih cepat dan lebih efektif.

Ketiga, Anda bisa menggunakan baking soda dan cuka untuk membersihkan nat sehari-hari. Buatlah pasta dari baking soda dan air. Kemudian, tutup bagian nat yang kotor dengan pasta tersebut. Tuangkan cuka di atas pasta, dan tunggu hingga tidak lagi menghasilkan gelembung. Setelah itu, gosok permukaan nat dengan sikat gigi dan bilas menggunakan air bersih.

Namun, jika kondisi nat sangat buruk, Anda bisa menyisihkan uang dan menyediakan waktu untuk memperbarui lantai kamar mandi Anda. Pastikan Anda meminta tenaga profesional mengganti lantai kamar mandi, menggunakan nat dengan warna yang tepat, dan berkualitas baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com