Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan LED, "Video Glass" Meriahkan Pencakar Langit Hongkong

Kompas.com - 24/02/2014, 12:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber cntv
KOMPAS.com - Keramaian kota Hongkong sebagai salah satu pusat keuangan dan komersial global baru-baru ini berubah menjadi lebih menarik pada siang dan malam hari. Saat membuka jendela, Anda akan mendapati teknologi kaca video (video glass) yang menawarkan kampanye iklan interaktif.

Para pengunjung dapat menyentuh video glass tersebut untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan. Kaca video itu dipasang pada jendela-jendela toko, dan juga bangunan-bangunan tinggi berkategori pencakar langit.

Teknologi video glass ini dikembangkan untuk menggantikan iklan video LED yang ada pada gedung-gedung tinggi dengan sistem hemat energi. Video glass dapat mengubah seluruh bangunan menjadi layar proyeksi.

Berbeda dengan teknologi LED, video glass merupakan produk ramah lingkungan yang dapat mengurangi polusi cahaya, dan juga lebih hemat biaya.

"Lampu LED cukup terkonsentrasi. Jika melihatnya langsung, Anda akan merasa tidak nyaman. Tapi, jika memandang video glass dengan cahaya menyebar, Anda akan merasa berdiri di depan layar. Anda seolah dapat menonton secara langsung tayangan iklan-iklan tersebut," kata Crystal Folk.

Crystal Folk sendiri merupakan salah satu pengembang video glass. Ia dan timnya mengembangkan sistem yang akan mengubah setiap panel kaca menjadi layar proyeksi.

Fok berharap, video glass akan memberikan pengiklan media alternatif di luar dinding video elektronik besar dengan layar LED raksasa di seluruh bangunan di distrik perbelanjaan besar seperti Times Square. Sebagai permulaan, video glass ini digunakan pada jendela-jendela bangunan komersial di Hongkong Times Square. Jendela-jendela tersebut menjadi media iklan paling atraktif pada siang dan juga malam hari.

Tren seperti itu menstimulasi para pengembang untuk menyertakan video glass pada setiap proyek barunya sebagai tambahan aliran pendapatan mereka. Pasalnya, sudah banyak perusahaan periklanan yang memanfaatkan teknologi dengan menggandeng para pemilik gedung.

Saat ini, banyak pengembang tertarik mempromosikan proyek mereka sebagai media video glass. Mereka sadar, video glass akan mengubah dan memengaruhi cakrawala kota Hongkong, utamanya pencakar langit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber cntv
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com