Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentuhan Turki di Pecinan AS

Kompas.com - 22/02/2014, 08:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Koray Duman, seorang arsitek kelahiran Turki membeli apartemen di daerah Pecinan Lower East Side, New York, Amerika Serikat bertahun-tahun lalu. Saat itu, Duman sendiri tidak menyangka bahwa dia mampu mengubah apartemen yang sudah tampak usang dan ketinggalan zaman tersebut kembali tampil menarik.

Namun, inilah buktinya. Apartemen seluas 71, m2 miliknya bahkan memenangkan "2012 Best of Year Awards" untuk kategori apartemen berukuran kecil.

Duman benar-benar mengubah tampilan di dalam apartemen tersebut. Duman mengatakan, dia tidak meninggalkan tampilan apartemen yang lama sama sekali. Dia mengubah lantai, mengekspos batu bata di dinding, meninggikan plafon, dan membebaskan ruang keluarga berukuran 41,8 m2 dari sekat-sekat.

"Ruang keluarga dan koridor pintu masuk memiliki bentuk yang sangat tidak wajar. (Apartemen) ini adalah unit pojok, dengan semua jendela ini, saya ingin menemukan cara membuatnya lebih terdefinisi," ujarnya.

Nypost.com / Anne Wermiel Tampilan keseluruhan apartemen yang berada di Pecinan Lower East Side, New York, Amerika Serikat. Apartemen hasil dekorasi arsitek Koray Duman ini tidak hanya tampil moderen, namun juga menjadi pemenang 2012 Best of Year Awards sebagai apartemen mungil terbaik.

Duman, yang juga mengepalai Biro Arsitektur Koray Duman, mengubah pengaturan cetak biru kamar-kamar di dalam apartemen ini. Dia membongkar kamar dan memasang dinding multifungsi. Dinding tersebut bermula di kamar tidur, menjadi tempat penyimpanan, menyambung ke kamar mandi, kemudian membelok ke ruang berdandan, serta berakhir di area dapur.

Peruntuhan dinding dan sekat membuat apartemen ini, khususnya ruang keluarga di tengah-tengahnya, terasa lebih terbuka. Duman bisa menempatkan sofa besar dan rak berisi buku untuk menyediakan perpustakaan mini. Di ruangan tersebut, Duman pun bisa menempatkan meja kopi dari kayu ek. Sebagian besar furnitur ini merupakan hasil kolaborasi antara Duman dan teman-temannya dari Carol Egan Interiors.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com