Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencakar Langit "Batman" Masih Kontroversial

Kompas.com - 21/02/2014, 12:25 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber cityam
KOMPAS.com — Sengitnya kompetisi pembangunan gedung tinggi membuat para pengembang mendesain rancangan dengan bentuk dan filosofi berbeda. Terbaru adalah proyek perkantoran terintegrasi yang berlokasi dekat dengan Pasar Leadenhall.

Henderson Global Investors, sang pengembang, sudah mengajukan rancangan tersebut ke Dewan Kota London, Selasa (18/2/2014) lalu.

Hanya, belum lagi dibangun, proposal yang kerap disebut dengan skema Quarter Smithfield ini  mengundang sejumlah kontroversi. Pasalnya, Quarter Smithfield dikembangkan di atas situs 40 Leadenhall Street yang juga tenar sebagai Kawasan Segitiga Leadenhall.

DBOX
Beberapa pihak, termasuk warga setempat, Victoria Society, dan Dewan Arkeologi Nasional Inggris, menentang konversi situs menjadi pusat bisnis dan komersial. Mereka mulai bersuara saat Henderson membeli situs tersebut pada Mei 2011 dengan nilai 190 juta poundsterling atau setara Rp 3,7 triliun.

Lepas dari kontroversi dan keberatan sejumlah pihak, desain kompleks perkantoran ini boleh dibilang menarik. Henderson Global Investors merancangnya dengan mengambil inspirasi dari langgam arsitektur neo-gothic Chicago dan New York. Langgam serupa juga ditemui pada film produksi Hollywood karya Tim Burton dan Christopher Nolan, Batman; The Gotham City.

Oleh karena itu, galib bila Quarter Smithfield ini dijuluki sebagai "Bathman Buildings" di "Gotham City". "Batman Buildings" mencakup sejumlah bangunan dengan luas total mencapai hampir 8,45 hektar. Ketinggian gedung bervariasi mulai dari 7 lantai hingga 34 lantai. Pencakar langit tertinggi bakal menjulang 170 meter.

Henderson menginvestasikan dana senilai 391 juta poundsterling atau setara dengan Rp 7,6 triliun guna merealisasikan proyek skala akbar ini. Rencananya, semua bangunan lama di situs Leadenhall akan dibongkar, kecuali bangunan kelas II yang terdaftar pada 19-21 Billiter Street. Henderson telah berjanji untuk merevitalisasi dan mengintegrasikannya ke dalam skema Quarter Smithfield.

Perencana kota London, Peter Rees, mengisyaratkan persetujuannya atas rencana Henderson. Ia bersama anggota dewan kota akan membawa rancangan tersebut pada pertemuan komite perencanaan minggu depan.

"Usulan tersebut telah memenuhi substansi dengan kebijakan rencana pembangunan. Hal ini baik, khususnya mendukung tujuan mempromosikan kota London sebagai pusat keuangan dan bisnis internasional terkemuka," ujar Rees.




 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber cityam
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com