Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Minum Koktail dengan Suasana Berbeda? Kunjungi Bar Ini

Kompas.com - 20/02/2014, 11:42 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan asal Jerman, Buero Wagner mendesain sebuah bar bagi perusahaan mixology Gamsei dengan pendekatan yang jauh berbeda dari bar pada umumnya. Alih-alih memberikan tampilan yang dingin dan misterius, bar ini justru terkesan hangat dan unik.

Wagner menggunakan kayu dan beton ekspos sebagai "bingkai" bar tersebut. Selain itu, ia juga menggunakan botol-botol berwarna putih sebagai aksen.

Secara khusus, Gamsei juga menggunakan bahan-bahan lokal untuk campuran koktail buatannya. Ia menginginkan konsumen menikmati proses bartender menyampur koktail mereka. Hal inilah yang dieksploitasi oleh duo Wegner yakni Fabian A Wegner dan Andreas Kreft.

Terdapat meja bar di tengah-tengah, sementara dua tangga yang bisa digunakan sebagai tempat duduk diletakkan di dinding kanan dan kiri meja bar tersebut. Rupanya, cara ini berhasil menawarkan pengalaman berbeda. Menurut Wagner, tanpa desainnya, Gamsei sudah berhasil menawarkan pengalaman baru dalam meminum koktail.

Duo Wagner yang bertanggung jawab pada keindahan serta keunikan bar ini, memanfaatkan interior bar yang hanya berukuran 40 m2 menjadi tempat istimewa. Bahan-bahan seperti bunga kering, rempah, dan dedaunan dipajang dalam rak-rak kayu. Sementara itu, mereka juga menempatkan botol-botol keramik berwarna putih. Sebagian botol digantung pada rangka besi hitam di langit-langit. Setiap botol berisi liquor, sirup, dan esens.

"Gamsei benar-benar konsep terintegrasi yang mengubah kegiatan minum koktail menjadi pengalaman baru. Dengan mengeliminasi pemisah yang sudah umum antara bartender dan tamu, di sini interaksi menjadi kuncinya dan semua orang mendapatkan tempat duduk terdepan, dari sisi mana pun, tamu bisa menikmati pemandangan dua bar di tengah," lanjut para desainer.

Tidak hanya penempatan bar yang berbeda. Buero Wagner juga menyediakan tempat penyimpanan dan ornamen unik yang dibuat dari bahan-bahan lokal. Bar yang dibuka tahun lalu oleh pemilik dan pendiri asal Australia, Matthew Bax ini telah berhasil menawarkan hal baru bagi konsumennya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com