Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panti Jompo Mewah, Bikin Lansia Betah

Kompas.com - 20/02/2014, 06:54 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Sebuah panti jompo di Inggris menawarkan fasilitas yang luar biasa mewah bagi para lansia. Mulai dari salon pribadi, bioskop, hingga fasilitas standar, seperti tempat bersantai, hingga berbagai kebutuhan pribadi lainnya, semua dibuat dengan tidak tanggung-tanggung.

Panti jompo bernama Linden House di Lymington, Hampshire tersebut menyediakan 60 kamar tidur istimewa dengan biaya menginap per minggunya mencapai 980 Poundsterling, atau sekitar Rp 19,1 juta.

www.dailymail.co.uk Kompleks panti jompo ini dibuat khusus bagi para penderita demensia. Meski terkesan mewah, sebenarnya setiap ruangan di dalam penginapan ini menyertakan penanda-penanda serta bantuan visual bagi para tamu.
Kompleks panti jompo ini dibuat khusus bagi para penderita demensia. Meski terkesan mewah, sebenarnya setiap ruangan di dalam penginapan ini menyertakan penanda-penanda serta bantuan visual bagi para tamu. Pemilihan warna, material, serta pengaturan interiornya benar-benar diperhatikan untuk menunjang keseharian penderita demensia. Itulah yang membuat Linden House menarik.

Selain penanda visual, panti jompo ini juga memiliki metode khusus dalam merawat penderita demensia. Panti jompo ini menemukan bahwa langkah terbaik dalam merawat penderita demensia adalah membuat para penderita bernostalgia. Maka itu, Linden House pun memiliki "Linden Square".

www.dailymail.co.uk Secara sederhana, area tersebut bisa diibaratkan lingkungan luar yang
Secara sederhana, area tersebut bisa diibaratkan lingkungan luar yang "dimasukkan" dalam Linden House. Ruangan tersebut merefleksikan sejarah kota Lymington. Para lansia bisa menyaksikan toko-toko dan ruang-ruang tradisional di area ini yang diharapkan mampu menstimulasi ingatan para lansia.

Para lansia bisa bermain golf mini di halaman. Di dalam juga tersedia ruang aktivitas untuk mengadakan jamuan minum teh di sore hari. Bila para lansia menginginkan, mereka juga bisa menikmati mandi spa hidroterapi, atau bersantai di kamar tidur mereka yang berukuran cukup besar.

www.dailymail.co.uk Linden House juga menyediakan penginapan bagi anggota keluarga yang datang. Jadi, para lansia tidak diperlakukan seperti tahanan.
Linden House juga menyediakan penginapan bagi anggota keluarga yang datang. Jadi, para lansia tidak diperlakukan seperti tahanan. Meski memiliki kekurangan, mereka masih bisa menikmati interaksi bersama rekan dan keluarga, sembari menikmati fasilitas di dalam panti jompo ini.

www.dailymail.co.uk Linden House dimiliki dan dikelola oleh Colten Care yang berbasis di Lymington. Perusahaan ini menyediakan empat kelompok hunian yang masing-masing bisa menampung 15 lansia.
Linden House dimiliki dan dikelola oleh Colten Care yang berbasis di Lymington. Perusahaan ini menyediakan empat kelompok hunian yang masing-masing bisa menampung 15 lansia. Tidak hanya kabar baik bagi para lansia yang membutuhkan perawatan khusus, panti jompo ini pun   menyediakan lapangan pekerjaan bagi 100 penduduk Inggris.

Manager panti jompo tersebut, Jackie Hampton, mengatakan, "Colten telah menyediakan tiga rumah perawatan yang secara spesifik merawat penderita demensia. Hal tersebut memberikan kami pengetahuan menyeluruh mengenai berbagai jenis demensia yang bisa diderita. Hidup di dalam kelompok kecil dan bersahabat memberikan para lansia kesempatan melanjutkan kemampuan praktik dan memelihara semangat kemandirian mereka selama mungkin."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com