Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Markas, West Ham United Lego Stadion kepada Pengembang

Kompas.com - 11/02/2014, 11:59 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com — Klub sepak bola Liga Primer Inggris, West Ham United, sepakat untuk menjual   Boleyn Ground Football Stadium yang juga dikenal sebagai Upton Park, kepada perusahaan pengembang Galliard Group.

Dengan kesepakatan tersebut, West Ham akan mempersiapkan diri untuk relokasi ke stadion Olimpiade yang ada di pusat kota London.

West Ham terpilih sebagai penyewa Stadion Olimpiade London pada Maret 2013 mengakhiri tiga tahun sengketa hukum atas aset premium perhelatan olahraga akbar sedunia Olimpiade 2012. Klub yang sebelumnya berbasis di London Timur ini akan pindah secara resmi pada 2016 mendatang.

"Kami memilih untuk mencapai kesepakatan dengan Galliard karena mereka adalah pengembang lokal London yang kental dengan asal-usul wilayah timur. Kami mengambil keputusan yang benar dengan mengamankan regenerasi dua wilayah yakni London Timur dan pindah ke stadion Olimpiade," kata Wakil Klub West Ham, Karren Brady.

Selanjutnya, West Ham akan menyewa stadion yang juga digunakan sebagai venue Paralimpiade London tersebut senilai 537 juta poundsterling atau setara Rp 10,5 triliun selama 99 tahun. Kesepakatan itu memberikan kebebasan bagi klub melakukan apa pun selama masa sewa.

Galliard Group sendiri berencana membangun kompleks perumahan sebanyak 700 unit, lengkap dengan pusat komersial dan ruang ritel, di situs Upton Park. Pembangunan akan memakan waktu selama 30 bulan dan ditargetkan rampung pada 2018.

Tak hanya Upton Park, dalam catatan sejarah Liga Primer Inggris, Stadion Highbury milik klub Arsenal juga sudah dikonversi menjadi apartemen sebanyak 655 unit yang beroperasi pada 2009 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com