Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, China Bikin Sensasi Bangun "Supertall" Prefabrikasi

Kompas.com - 11/02/2014, 11:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber evolo
KOMPAS.com — Kemajuan China dalam teknologi konstruksi pencakar langit tak diragukan. Setelah mendobrak dengan pembangunan hotel 30 lantai hanya dalam waktu 15 hari, negara ini seakan tak henti membuat sensasi baru. Mereka berencana membangun supertall dengan menggunakan prefabrikasi.

Adalah Z8 Tower, pencakar langit setinggi 300 meter yang dirancang Henn Architects, mengadopsi kemajuan terbaru dalam arsitektur. Gedung jangkung ini diklaim bakal mendefinisikan kembali stereotip pencakar langit yang berat sarat baja dan beton menjadi sebuah struktur elegan yang klasik, tetapi efisien baik dalam bentuk maupun dalam fungsi.

Inilah bahasa arsitektur kontemporer yang dicoba diperkenalkan kepada publik. Bangunan yang akan dikembangkan di CBD Beijing ini memiliki skema struktur tabung di dalam tabung dengan inti beton internal dan struktur perimeter selaras dengan grid 3 m façade reguler. Karena kepadatan grid inilah, struktur perimeter akan memiliki kekakuan lateral yang besar. Akibatnya inti akan menarik beban yang secara otomatis berkurang dan dinding inti dapat dioptimalkan.

Dual sistem yang terdiri atas perimeter dan inti memberikan stabilitas seperti yang terdapat pada gedung-gedung tinggi lainnya di zona rawan gempa seperti Beijing. Keteraturan struktur perimeter memungkinkan penggunaan standar modul struktur prefabrikasi. Hal ini dapat membantu untuk secara signifikan mengurangi waktu dan biaya konstruksi.

Berat beban bisa berkurang karena penggunaan komposit, bahan untuk menciptakan sistem lantai. Desain Z8 juga menggabungkan façade sun-shading yang dapat mengurangi silau matahari dan mengarahkan radiasi pada struktur interior.

"Seperti halnya struktur perimeter yang kuat, outriggers tidak lagi diperlukan, sehingga pembangunan secara keseluruhan dapat dipersingkat," ujar para arsitek.

Sebelumnya, dunia juga digemparkan oleh berita yang dibawa Broad Group. Perusahaan ini akan membangun megatall setinggi 838 meter yakni Sky City hanya dalam hitungan tujuh bulan. Singkatnya waktu pengerjaan karena perusahaan ini menggunakan prefabrikasi dalam membangun struktur supaya lebih efektif dan efisien.

Sayangnya, pembangunan Sky City tertunda oleh sejumlah masalah regulasi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber evolo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com