Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren... Tempat Cuci Publik Senyaman Kafe

Kompas.com - 07/02/2014, 18:14 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber curbed
KOMPAS.com - Untuk urusan fasilitas publik berkualitas, kita sangat tertinggal jauh. Tak hanya fasilitas publik skala besar seperti ruang terbuka hijau, perpustakaan, rumah sakit dan lain sebagainya, bahkan skala kecil pun masih terbelakang.

Belgia punya contoh bagus dalam penyediaan fasilitas publik skala kecil namun sangat penting dan menyentuh kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Mereka mengembangkan Wasbar yang merupakan kombinasi kafe, bar, dan laundromat (tempat cuci baju publik).

Awalnya, Wasbar hanya tersedia di Ghent. Seiring peningkatan permintaan, wasbar kemudian   hadir pula di Antwerp. Konsep yang ditawarkan Wasbar terbilang unik. Di tempat ini, pengunjung tidak hanya datang untuk keperluan mencuci baju. Sembari menunggu, mereka juga bisa menikmati makanan dan minuman, bahkan bersosialisasi dengan santai bersama pengunjung lainnya. Khusus untuk Wasbar yang ada di Antwerp ini, gerainya didekor oleh perusahaan bernama Pinkeye.

messynessychic Wasbar menawarkan lingkungan yang nyaman dengan menyertakan dekorasi unik bergaya tempo dulu (retro), pencahayaan terang namun tidak monoton, serta banyak tempat-tempat duduk.
Wasbar menawarkan lingkungan yang nyaman dengan menyertakan dekorasi unik bergaya tempo dulu (retro), pencahayaan terang namun tidak monoton, serta banyak tempat-tempat duduk. Pengunjung bisa segera memilih apa yang ingin mereka lakukan ketika tiba di Wasbar. Pengelola Wasbar juga menyediakan pertunjukkan musik dan penata rambut jika pengunjungnya tidak ingin menunggu proses mencuci sembari menyantap makanan.

Prosesnya pun terbilang sederhana. Pengunjung tinggal masuk ke gerai Wasbar, memilih apa yang ingin dilakukan di dalamnya. Pengunjung bisa membeli kartu prabayar untuk mencuci baju, memesan minuman dan makanan, atau perpaduan keduanya. Tidak jauh dari pintu masuk, terdapat counter. Di sanalah pengunjung bisa memesan kartu prabayar atau hidangan yang mereka inginkan.
 
messynessychic Wasbar juga menyediakan ruang cuci lebih tertutup bagi mereka yang malu mencuci dan melipat baju dalam di depan orang banyak. Intinya, semua pengunjung akan disambut baik di tempat ini.
Ada beberapa detil unik di dalam Wasbar. Misalnya, mesin cuci dan mesin pengering baju masing-masing memiliki namanya sendiri. Mesin cuci memiliki nama perempuan, sementara pengering baju memiliki nama laki-laki. Menurut pemiliknya, lebih nyaman mengatakan, "Mariette sedang penuh," daripada, "Mesin nomor tiga sedang penuh." Pemberian nama ini adalah bagian dari usaha pemiliknya untuk membuat pengunjung Wasbar merasa santai dan dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan.
 
Wasbar juga menyediakan ruang cuci lebih tertutup bagi mereka yang malu mencuci dan melipat baju dalam di depan orang banyak. Intinya, semua pengunjung akan disambut baik di tempat ini. Berbagai kebutuhan khusus pun dilayani. Pemilik dan pengunjung sama-sama mengedepankan kekeluargaan dan keseruan. Ada ide membuat hal serupa?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com