Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intiwhiz Tambah 6 Hotel Baru Tahun Ini

Kompas.com - 05/02/2014, 17:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama 2013, sektor perhotelan Indonesia memperlihatkan kinerja yang relatif stabil. Hal ini ditandai dengan tingkat penghunian kamar (TPK) sebesar 67 persen. Termasuk dua destinasi wisata utama Jakarta dan Bali yang masing-masing mencatat TPK 69 persen dan 66 persen.

Angka-angka tersebut sanggup meyakinkan PT Intiwhiz International melakukan ekspansi pembangunan dan pengelolaan enam hotel murah berlabel Whiz Hotel, tahun 2014 ini. Keenam hotel tersebut tersebar di Jakarta dan kota-kota sekunder lainnya yakni Whiz Kelapa Gading (Jakarta), Whiz Balikpapan (Kalimantan Timur), Whiz Manado (Sulawesi Utara), Whiz Bogor (Jawa Barat), Whiz Cikarang (Jawa Barat), dan Whiz Makassar (Sulawesi Selatan).

Satu di antara keenam Whiz Hotel tersebut, yakni Whiz Hotel Balikpapan akan beroperasi pada Juni 2014. Sementara yang lainnya akan dibuka secara bertahap mulai semester II tahun ini hingga 2015 mendatang. 

Menurut Vice President Director PT Intiwhiz International, Ndang Mulyadi, ekspansi hotel dilandasi perkembangan bisnis meeting, incentives, convention, dan exhibition (MICE) yang sangat pesat, baik di Jakarta maupun daerah.

"Bisnis MICE adalah generator tumbuhnya sektor perhotelan di Indonesia. Selain tentu saja, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang pada gilirannya memengaruhi TPK hotel. Kami sangat memperhitungkan faktor tersebut dalam memutuskan diversifikasi portofolio Whiz Hotel," jelas Ndang kepada Kompas.com, Rabu (5/2/2014).

Keenam kota tersebut, imbuh Ndang, punya catatan di atas rerata kota sekunder lainnya. Sebut saja Manado, menurut data Badan Pusat Statistik, didatangi sebanyak 19.917 wisatawan mancanegara sepanjang 2013 lalu atau meningkat 4,22 persen dibanding tahun sebelumnya yakni 19.111 orang. Berikutnya Makassar yang melesat 27,73 persen dikunjungi turis asing sebanyak 17.730 dari sebelumnya hanya 13.881 orang.

Sementara Balikpapan mencatat peningkatan kunjungan wisatawan asing sebanyak 16.904 orang atau naik tipis 0,45 persen dari sebelumnya 16.828 orang.

Hingga saat ini, sayap bisnis hotel yang berafiliasi dengan PT Intiland Development Tbk tersebut  telah membangun dan mengoperasikan 6 portofolio, tiga  di antaranya hotel berklasifikasi bintang empat yakni Grand Whiz Kelapa Gading, Grand Whiz Nusa Dua, Bali, dan Grand Whiz Kuta, Bali. Tiga hotel lainnya berklasifikasi hotel ekonomi yakni Whiz Yogyakarta, Whiz Semarang, dan Whiz Cikini (Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com