Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantik... Mencetak Paviliun dari 5.000 Peti Soda!

Kompas.com - 03/02/2014, 11:37 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Pada 2012 lalu, studio arsitektur asal Meksiko, BNKR Arquitetcura, membangun sebuah paviliun daur ulang yang berfungsi sebagai kantin untuk CIHAC Expo, sebuah pameran konstruksi dan arsitektur terbesar di Amerika latin yang berlangsung setiap tahun di Mexico City. Para arsitek BNKR membangun paviliun tersebut hanya menggunakan 5.000 peti soda.

www.designboom.com Seperti struktur knock down lainnya, ketika pameran selesai, kontainer-kontainer plastik itu dikembalikan ke perusahaan soda untuk digunakan lagi sebagaimana fungsinya semula.
Tujuan para arsitektur itu cuma satu; memberi contoh bagaimana peti-peti soda plastik itu bisa dijadikan bahan struktur berkelanjutan, bukan berakhir di di tempat sampah. Seperti struktur knock down lainnya, ketika pameran selesai, kontainer-kontainer plastik itu dikembalikan ke perusahaan soda untuk digunakan lagi sebagaimana fungsinya semula.

www.designboom.com Para arsitek menyiapkan 5.000 krat soda dan mengajak 30 mahasiswa arsitektur untuk membantu membangun paviliun ini.
Tahun ini, proyek topografi sosial itu menjadi semacam intervensi serupa yang digunakan lagi pada pameran buku tahunan di Kota Juarez, Chihuahua, Meksiko. Para arsitek menyiapkan 5.000 krat soda dan mengajak 30 mahasiswa arsitektur untuk membantu membangun paviliun ini.

Diberi ruang di tengah untuk semacam tempat atau aula acara, para desainer membangun sebuah lanskap dengan kontainer merah daur ulang. Di sini para pengunjung bisa memanfaatkan aula tersebut dengan berbagai cara, mulai duduk santai, membaca buku atau berdiskusi.

www.designboom.com Instalasi krat soda ini berfungsi sebagai bangku-bangku untuk duduk dan menjadi sebuah platform observasi untuk melihat stan lain dari perspektif berbeda, seperti tangga, taman bermain untuk anak-anak, sebuah amfiteater untuk konser dan sebagai tempat untuk mengadakan kuliah umum atau konferensi.
Instalasi krat soda ini berfungsi sebagai bangku-bangku untuk duduk dan menjadi sebuah platform observasi untuk melihat stan lain dari perspektif berbeda, seperti tangga, taman bermain untuk anak-anak, sebuah amfiteater untuk konser dan sebagai tempat untuk mengadakan kuliah umum atau konferensi.

www.designboom.com Setelah pameran usai, petia-peti soda itu dibongkar dan dikembalikan ke perusahaan soda tanpa menghasilkan polusi atau residu, dan benar-benar meminimalkan jejak karbon.
Sebagai bagian dari 'topografi sosial', di paviliun ini orang-orang diundang untuk mengeksplorasi dan berinteraksi satu sama lain. Setelah pameran usai, petia-peti soda itu dibongkar dan dikembalikan ke perusahaan soda tanpa menghasilkan polusi atau residu, dan benar-benar meminimalkan jejak karbon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com