Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapur Anda Sempit? Gunakan Trik Ini...

Kompas.com - 31/01/2014, 08:24 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Area di bawah wastafel biasanya dibiarkan kosong begitu saja. Padahal, area yang biasanya ditutup pintu lemari agar serasi dengan kitchen set di sekelilingnya tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Jika ukuran dapur Anda terbatas, menggunakan area ini sebagai tempat penyimpanan adalah salah satu jalan keluar memenuhi kebutuhan Anda akan ruang penyimpanan.

Berikut ini beberapa ide menggunakan area tersebut sebagai ruang penyimpanan yang diambil dari Real Simple.

 
Pertama, Anda bisa menggunakan area di bawah wastafel untuk menyimpan perlengkapan memasak, mulai dari nampan, panci, hingga mixer untuk membuat kue. Gunakan pengatur piring yang biasanya digunakan untuk meniriskan cucian sebagai alas.

Agar tidak sulit mengambil berbagai peralatan memasak tersebut, Anda pun bisa memasang sistem geser. Jadi, Anda hanya perlu menggeser alasnya dan mengambil alat yang Anda perlukan. 

real simple Pemanfaatan area bawah wastafel.
Kuncinya mudah, pastikan Anda menyimpan alat-alat yang jarang digunakan di bagian belakang. Semakin sering digunakan, letakkan alat tersebut di bagian depan dan pastikan Anda mudah meraihnya. Manfaatkan juga pintu yang menutup area di bawah wastafel tersebut untuk menggantung panasan.
 
Kedua, Anda bisa menggunakan area tersebut sebagai tempat menyimpan cairan pembersih. Sama seperti menyimpan panci, Anda juga sebaiknya menggunakan pengatur dari plastik agar ada lebih banyak barang yang bisa Anda simpan di tempat ini.

real simple Area bawah wastafel yang dimanfaatkan.
Bila perlu, gunakan nampan putar yang biasanya digunakan sebagai alas untuk menaruh kecap, saus, dan bumbu siap santap lainnya di meja makan. Nampan putar ini membuat Anda lebih mudah mengambil cairan pembersih yang ada di bagian belakang.

Sedikit catatan, Anda bisa menggunakan rak plastik atau wadah menyimpan produk-produk kecantikan di kamar mandi untuk menaruh keperluan pembersih. Rak tersebut memudahkan Anda menyimpan barang-barang dengan lebih rapi dan lebih mudah diakses.
 
real simple Area bawah wastafel yang dimanfaatkan.
Kemudian, gunakan juga area di bawah wastafel tersebut untuk menaruh plastik bekas, lipatan kardus, dan botol-botol bekas pakai. Rapikan sampah-sampah yang bisa didaur ulang, termasuk kertas koran dan amplop tagihan bulanan di tempat ini.

Anda bisa menggunakan kembali plastik, kertas koran, dan amplop tersebut untuk berbagai keperluan. Sementara botol bekas bisa Anda bersihkan untuk digunakan kembali, atau sekadar Anda kumpulkan untuk dijual.

 
Jika wastafel yang Anda maksud berada di kamar mandi, Anda tentu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai persediaan sabun, sampo, losion, dan pasta gigi. Kuncinya masih sama, gunakan rak atau wadah plastik agar ada lebih banyak barang yang bisa disimpan di dalamnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com