Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Efektif Mendesain Apartemen Sempit

Kompas.com - 25/01/2014, 14:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber money
KOMPAS.com - Penghuni apartemen bisa memiliki cakrawala baru dalam pengalaman hidup di hunian berkonsep vertikal. Mereka yang tinggal di apartemen, baik memiliki atau sekedar menyewa, tentu ingin memiliki hunian yang nyaman.

Namun, tidak semua hal bisa dilakukan ketika tinggal di apartemen, misalnya Anda tidak mungkin sembarangan memaku di sekat gipsum, Anda pun relatif lebih sulit memindahkan titik-titik lampu. Akan tetapi, bukan berarti dekorasi apartemen harus membosankan.

Agar lebih mudah diubah dekorasinya, Anda bisa mengaplikasikan cara-cara mendekor ala pemilik apartemen sewa. Umumnya, cara-cara tersebut temporer. Jadi, bisa segera diubah jika bosan atau diperlukan. Dekorasi apartemen tidak lagi membosankan.
 
Ahli sewa apartemen Rent.com Niccole Schreck mengatakan, "Meski ada batasan, menyewa bukan berarti Anda terjebak dalam ruang tanpa gaya." Menurut Schreck, ada cara-cara sederhana yang mampu membuat apartemen memancarkan selera Anda. Berikut ini contohnya.

Pertama, buat ruang terasa lebih besar dengan barang-barang yang memberikan ilusi. Perhatikan dulu masalah yang ada pada apartemen Anda. Misalnya, apartemen dengan luas terbatas bisa menggunakan kaca dan menaruhnya di dekat jendela. Kaca atau cermin mampu memantulkan cahaya dan membantu pencahayaan di dalam rumah. Sementara itu, apartemen dengan plafon rendah bisa menggunakan lampu yang disorot ke atas untuk memberikan efek plafon lebih tinggi. 

Anda juga bisa menggunakan gorden dan menaruhnya tepat di perbatasan plafon dan dinding untuk membuat ruangan terasa lebih besar. Selain itu, menggunakan rak buku yang menutupi dinding juga merupakan ide menarik. Penyimpanan vertikal seperti ini mampu menambah ruang penyimpanan Anda.

Kedua, ubah nuansa di dalam apartemen dengan mengganti warna dinding. Mengganti warna dinding tidak harus berarti menutup dinding dengan cat baru. Manfaatkan wallpaper yang bisa dibongkar-pasang dengan mudah, wall decals atau stiker untuk menghias dinding, serta menaruh foto-foto atau lukisan di dinding. Hindari asal memaku dinding. Jika sudah tahu karakter dinding, Anda bisa menggunakan anchor atau bisa juga menggunakan gantungan tempel praktis.

Ketiga, masukkan banyak warna ke dalam apartemen Anda. Gunakan area rugs, perabot beraneka warna, dan banyak throw pillow. Cara ini tidak hanya efektif mencerahkan ruangan, namun membuat apartemen tidak lagi membosankan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber money
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com