Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mirror House", Rumah Kamuflase Reflektif

Kompas.com - 25/01/2014, 12:39 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Bagaimana caranya membuat sebuah hunian yang dapat menyatu dengan sekelilingnya? Menurut arsitek asal Swedia Johan Selbing dan arsitek lanskap Anouk Vogel, pemberian cermin di sekeliling rumah dan membuatnya "tembus pandang" merupakan cara terbaik. 

Rumah ini merupakan proyek pengembangan hunian pribadi eksperimental di Almere, kota termuda di Belanda. Kota tersebut baru "lahir" pada 1976. Meski tergolong muda, jumlah populasi mencapai 195.000 penduduk. Selbing dan Vogel sendiri diminta dalam sebuah kompetisi untuk menciptakan bangunan yang dapat berelasi dengan hutan di sekitarnya.

Rumah berukuran 120 m2 ini sebetulnya memiliki bentuk sederhana. Rumah tersebut menggunakan rangka aluminium untuk membentuk kubus. Rangka-rangka tersebut juga digunakan untuk menopang panel kaca, dengan panel komposit berada di bagian atas dan bawahnya. Panel ini diberikan efek memantulkan cahaya hingga tampak seperti cermin.

"Mirror House merupakan vila pribadi dengan fasad yang seluruhnya berupa kaca reflektif, yang berlaku sebagai kamuflase dan penghalang tampilan eksteriornya," ujar para arsitek, seperti dikutip dalam Dezeen.

Konsep yang diajukan Selbing sebenarnya menarik. Selama ini, rumah-rumah modern memiliki jendela kaca berukuran besar yang menutupi dinding dari lantai hingga plafon. Mirror House pada dasarnya memiliki konsep serupa.

Penghuninya bisa merasakan pengalaman hidup di dalam rumah yang dikelilingi jendela. Hanya saja, jendela-jendela tersebut hanya satu arah. Tidak ada orang luar yang bisa melihat ke dalam rumah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com