Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asli... Furnitur Ini Dibuat dari Urine!

Kompas.com - 24/01/2014, 16:30 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Lulusan University of Edinburgh, Peter Trimble, berhasil mengeksplorasi kemungkinan pembuatan material terbarukan dan ramah lingkungan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Begitu sederhana, Trimble menemukan cara menggunakan urine sebagai bahan pembuat furnitur.

Sebenarnya, proses yang dilakukan Peter Trimble sangat ilmiah. Untuk keperluan tesisnya, ia menyelidiki kemungkinan menggunakan mikroba untuk membuat berbagai material. Dia telah menyelidiki komposisi material inovatif dan berkelanjutan dengan mengganti metode produksi tradisional.

www.designboom.com Percobaan dan eksplorasi ini dilakukan dalam proyek tesis yang dinamai
Percobaan dan eksplorasi ini dilakukan dalam proyek tesis yang dinamai "Dupe". Proyek tersebut memfokuskan diri pada prosedur pengecoran induksi mikrobiologi. Secara khusus, Trimble menggunakan bakteri bacillus pasterurii dalam proyek tersebut.

www.designboom.com Urea merupakan substansi utama berisi nitrogen dalam urin. Inilah metode yang ditemukannya untuk memadatkan dan membentuk material alami, khususnya material berupa butiran-butiran seperti pasir. Pengaplikasiannya pun bisa bermacam-macam, termasuk membuat furnitur.
Bakteri tersebut memiliki kemampuan mengendapkan kalsit dan memadatkan pasir, asalkan diberikan kalsium dan urea. Urea merupakan substansi utama berisi nitrogen dalam urine. Inilah metode yang ditemukannya untuk memadatkan dan membentuk material alami, khususnya material berupa butiran-butiran seperti pasir. Aplikasinya pun bisa bermacam-macam, termasuk membuat furnitur.

Berbeda dengan beton, bahan ini tidak menghasilkan polutan sebanyak beton, bahkan tidak menghasilkan gas rumah kaca sama sekali. Sementara beton bertanggung jawab terhadap lima persen emisi CO2 buatan manusia. Padahal, karakteristiknya mampu dibandingkan dengan struktur beton.

www.designboom.com Percobaan dan eksplorasi ini dilakukan dalam proyek tesis yang dinamai
"Dalam dunia yang semakin khawatir dengan pertanyaan produksi energi dan kekurangan material mentah, proyek ini mengeksplorasi cara inovatif dan keberlanjutan produksi material," ujar Trimble seperti dikutip dalam Designboom.com.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com