Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Perlambatan Akan Terus Berlanjut

Kompas.com - 23/01/2014, 15:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren perlambatan pasar properti di hampir semua sektor yang terjadi sejak semester II 2013 akan terus berlanjut tahun ini. Hal tersebut dapat dilihat dari volume permintaan yang terus menurun, anjloknya penjualan, serta pertumbuhan kenaikan harga sewa dan jual yang tidak sepesat 2011 hingga awal 2013 lalu.

Di sektor perkantoran, misalnya. Pada kuartal IV tahun lalu, tingkat penyerapan ruang perkantoran melorot menjadi hanya 24.000 meter persegi. Sementara pada kuartal yang sama 2012, tingkat penyerapan masih berada pada level antara 100.000-120.000 meter persegi.

Sementara itu, secara kumulatif tingkat serapan ruang perkantoran yang sepanjang 2013 sebesar 298.000 m2, terjun bebas dari tahun sebelumnya yang mencapai 350.000-375.000 m2. Harga sewa juga mengalami perlambatan pertumbuhan. Jika pada 2012 masih berkisar antara 30-40 persen, tahun 2013 merosot menjadi hanya 28 persen.

Tahun ini, Jones Lang LaSalle memprediksi, pertumbuhan harga sewa kantor hanya 15 persen. Chairman and Country Director Jones Lang LaSalle Indonesia, Todd Lauchlan, menjelaskan, perlambatan pertumbuhan akan berlangsung selama enam bulan pertama. Hal ini terutama, terkait situasi ekonomi secara makro di mana suku bunga naik, dan masih perkasanya nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah.

"Terlebih menjelang Pemilu nanti, banyak pengembang yang melakukan aksi wait and see, menunda peluncuran proyek baru sehingga berdampak pada berkurangnya pasokan," urai Todd dalam paparan Tinjauan Pasar Properti Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Pengembang, lanjut Todd, akan tetap menyelesaikan proyek-proyek yang sudah dikerjakan pada tahun lalu. Selain itu, mereka memilih opsi melakukan konsolidasi, baik lahan, konstruksi finansial maupun aset lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com