Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sial... Hujan Datang, Rayap Menyerang!

Kompas.com - 19/01/2014, 14:15 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya banjir. Musim hujan juga mengundang datangnya serangga, khususnya rayap. Mereka akan masuk ke rumah Anda, mencari lokasi-lokasi yang hangat untuk "tinggal".

Di musim basah dan lembab seperti saat ini, rayap "bekerja" sepanjang hari. Mereka akan terus memakan kayu-kayu di rumah Anda.

Beruntung, rayap merupakan pemakan yang lamban. Maka, masih ada banyak waktu untuk Anda membasminya di saat mereka baru mulai menggerogoti rumah Anda perlahan-lahan. Simak caranya:

houzz.com Langkah pertama adalah langsung mencari sumber utamanya, yaitu kayu, yang menjadi makanan empuknya. Anda harus pastikan kayu di rumah tidak lembab. Bau kayu lembab akan menarik daangnya rayap. Selain itu, jaga jangan sampai kayu-kayu di rumah tidak memiliki kontak dengan tanah.
Hilangkan sumbernya

Langkah pertama adalah langsung mencari sumber utamanya, yaitu kayu, yang menjadi makanan empuknya. Anda harus pastikan kayu di rumah tidak lembab. Bau kayu lembab akan menarik daangnya rayap. Selain itu, jaga jangan sampai kayu-kayu di rumah tidak memiliki kontak dengan tanah.

Bahan kimia

Untuk membasminya, Anda bisa menggunakan bahan kimia termisida. Anda hanya perlu menyemprotkannya langsung ke sarang dan kayu-kayu yang sudah diserangnya.

Memang, bahan kimia ini sangat ampuh. Namun, Anda harus waspada karena termisida juga berpotensi merugikan kesehatan Anda. Karena itu, gunakan dahulu pilihan lain sebelum menggunakannya.

shutterstock.com Langkah pertama adalah langsung mencari sumber utamanya, yaitu kayu, yang menjadi makanan empuknya. Anda harus pastikan kayu di rumah tidak lembab. Bau kayu lembab akan menarik daangnya rayap. Selain itu, jaga jangan sampai kayu-kayu di rumah tidak memiliki kontak dengan tanah.
Puntung rokok

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan puntung rokok. Rendam 10 batang puntung rokok ke dalam dua gelas air dan setengah sendok makan garam. Biarkan larutan itu semalaman. Setelah itu, saring larutan dan masukkan dalam alat penyemprot. Semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Dedaunan

Selain tembakau dari puntung rokok, Anda juga bisa menggunakan daun pepaya dan daun sirih. Masukkan daun pepaya dan daun sirih ke dalam blender dengan perbandingan 2:1, dua untuk daun pepaya dan satu untuk daun sirih. Tambahkan air secukupnya.

Setelah lembut, saring airnya. Tambahkan air hasil saringan dengan alkohol 70 persen dengan perbandingan 2:3. Masukkan dalam alat penyemprot, kemudian semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Selamat membasmi rayap!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com