Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JORR W2 Beroperasi Agustus 2014

Kompas.com - 15/01/2014, 21:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Lingkar Luar Jakarta seksi West 2 (Jakarta Outer Ring Road W2) sepanjang 7,87 kilometer yang menghubungkan Kebon Jeruk-Ulujami, akan beroperasi pada semester II 2014.

Kepastian tersebut diutarakan Direktur Bina Teknik Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Subagyo, kepada Kompas.com, Rabu (15/1/2014).

"Pembangunan JORR seksi West 2, kami pastikan rampung dan mulai beroperasi pada Agustus 2014," ujar Subagyo.

Dengan demikian, target operasional JORR W2 kasip lebih dari setengah tahun dari jadwal yang dijanjikan pada akhir 2013.

Subagyo mengakui, keterlambatan pembangunan jalan tol secara umum, lebih disebabkan oleh kendala pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan masih menjadi kendala krusial sehingga target percepatan pembangunan infastruktur mengalami keterlambatan. Terlebih dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum melalui Peraturan Presiden, yang belum tersosialisasi dengan maksimal," imbuh Subagyo.

Adapun pengerjaan konstruksi JORR W2 dimulai pada 21 Oktober 2011 dan terbagi empat paket dengan total investasi Rp 2,2 triliun. Paket pertama segmen Kebon Jeruk-Meruya, sedangkan paket kedua Meruya-Joglo. Kedua paket ini sepanjang sekitar 4 km. Adapun paket ketiga membentang antara Joglo dan Ciledug, sementara paket keempat dari Ciledug ke Ulujami.

Proyek JORR W2 dikerjakan oleh empat kontraktor, yakni PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, dan PT Jaya Konstruksi. PT Marga Lingkar Jakarta (PT MLJ) sebagai pemegang konsesi ruas itu memiliki saham yang terdiri atas 65 persen oleh PT Jasa Marga Tbk dan 35 persen oleh PT Jakarta Marga Jaya, anak usaha PT Jakarta Propertindo (BUMD DKI Jakarta).

Proyek pembangunan JORR-W2 ruas Kebon Jeruk-Ulujami membentang sepanjang 7,87 km ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di tol dalam kota karena warga pengguna lalu lintas dari arah Bogor ataupun Cibubur menuju Bandara Soekarno-Hatta tidak perlu lagi melewati tol dalam kota ruas Cawang-Tomang. Diperkirakan akan ada 90.000 kendaraan per hari yang melewati JORR W2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com