Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamar Tidur Ideal tak Harus Mahal

Kompas.com - 14/01/2014, 15:52 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda yang familiar dengan situs jejaring sosial seperti Pinterest  dan Tumblr, tentu punya banyak referensi mengenai kamar tidur ideal. Namun, sama seperti kecantikan, kamar tidur "ideal" sangat relatif dan bergantung pada selera pemiliknya.

Sementara itu, jika "ideal" di benak Anda adalah kamar-kamar "fotogenik" yang biasa Anda lihat di majalah dan jejaring sosial, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Rahasianya adalah menemukan kunci, benang merah, atau unsur yang hampir selalu tersedia dalam setiap foto.

 
Pertama, tambahkan rugs atau karpet. Terlebih, jika kamar tidur Anda menggunakan lantai kayu. Karpet juga bisa Anda gunakan untuk membawa warna ke dalam kamar.
 
Kemudian, jangan lupa memastikan seluruh kamar Anda memiliki nuansa yang terkoordinasi dengan baik. Dengan kata lain, pilihlah palet warna untuk digunakan di dalam kamar. Hindari menggunakan banyak warna dalam kamar tidur. Pilihlah satu warna untuk dinding, satu warna untuk lantai, satu warna untuk gorden dan karpet, serta beberapa bantal aksen.
 
Cara termudah membuat ruangan terasa menyatu adalah dengan menyamakan warna karpet dengan warna dinding. Dengan cara ini, karpet tidak lagi menjadi titik fokal dalam kamar dan Anda bebas "berkarya" mendekorasi kamar.
 
Bila perlu, ubah warna pigura dan berbagai ornamen lain di dalam kamar hingga memiliki warna yang saling melengkapi dengan menggunakan cat semprot.
 
Pastikan Anda menjaga kamar tetap minimalis. Hindari memasukkan terlalu banyak furnitur ke dalamnya. Terlalu banyak barang di dalam kamar justru membuat kamar tersebut tampak penuh, berantakan, dan ketinggalan zaman. 
 
Ganti sumber cahaya, dan pisahkan menjadi beberapa sumber cahaya di kamar tersebut. Hindari hanya menggunakan satu down lighting di kamar. 
 
Terakhir, perbarui plafon kamar Anda. Beri sapuan warna putih untuk membuatnya lebih segar, atau bermainlah dengan warna. Namun, jika warna dinding kamar sudah gelap, pilihlah warna plafon dua tingkat lebih terang dari warna gelap tersebut.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com