Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Harus Aman Bagi Anak, Juga Penuh Gaya!

Kompas.com - 11/01/2014, 19:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Membuat rumah childproof atau aman bagi anak-anak sebenarnya tidak sulit. Desainer interior Purvi Padia bahkan mampu memberikan cara mendekor rumah yang tidak hanya aman bagi anak-anak, namun juga tetap tampil penuh gaya bagi orang dewasa.

Anda baru pindah rumah atau baru memiliki anak kecil? Ini tentu sebuah keuntungan bagi Anda. Karena inilah saatnya Anda bisa mendesain rumah Anda bukan hanya aman bagi anak, tapi juga nyaman dan bergaya untuk Anda dan keuarga. Berikut ini caranya.

http://www.casasugar.com Kedua, berhati-hatilah ketika memutuskan untuk menggunakan lampu meja di ruang tamu Anda. Pasalnya, lampu-lampu tersebut akan membuat banyak kabel berserakan dan kabel tidak aman bagi anak-anak.
Sudut tajam

Pertama-tama, hindari barang-barang tajam dan furnitur menyiku di rumah Anda. Anda tentu membutuhkan kursi dan meja kopi di ruang tamu. Namun, jangan sampai pilihan kursi dan meja kopi tersebut berbahaya bagi anak Anda.

Alih-alih menggunakan sudut yang tajam, gunakan potongan kayu dengan pinggiran lembut sebagai meja kopi. Bila perlu, gunakan ottoman yang lembut sebagai meja kopi.

http://www.casasugar.com Padia menyarankan Anda untuk menempatkan lampu meja pada meja konsol yang menyandar pada dinding atau di belakang sofa berukuran besar. Dengan cara ini, kabelnya tidak akan berserakan begitu saja.
Lampu meja

Kedua, berhati-hatilah ketika memutuskan untuk menggunakan lampu meja di ruang tamu Anda. Pasalnya, lampu-lampu tersebut akan membuat banyak kabel berserakan dan kabel tidak aman bagi anak-anak.

Padia menyarankan Anda untuk menempatkan lampu meja pada meja konsol yang menyandar pada dinding atau di belakang sofa berukuran besar. Dengan cara ini, kabelnya tidak akan berserakan begitu saja.

Pilihlah lampu yang relatif berat agar tidak mudah jatuh. Kemudian, pilihlah lampu meja berbentuk tinggi ketimbang lampu lantai (floor lamp) agar tetap menciptakan level tanpa perlu membiarkan kabel berantakan. Lalu, gunakan kaca untuk merefleksikan lampu tanpa perlu memasang banyak lampu.

http://www.casasugar.com Buatlah pilihan cerdas dalam memilih bahan. Pilihlah yang tidak mudah kotor. Hindari menggunakan beludru dan sutra. Kemudian, bermainlah dengan tekstur. Hanya saja, berhati-hatilah juga ketika memilih permukaan bertekstur.
Bahan

Ketiga, buatlah pilihan cerdas dalam memilih bahan. Pilihlah yang tidak mudah kotor. Hindari menggunakan beludru dan sutra. Kemudian, bermainlah dengan tekstur. Hanya saja, berhati-hatilah juga ketika memilih permukaan bertekstur. Ketimbang memberikan tekstur pada dinding, lebih baik bermainlah dengan tekstur pada pelapis sofa. Pelapis sofa jauh lebih mudah dibersihkan.

Fungsi ganda

Keempat, gunakan furnitur yang berfungsi ganda. Lemari cantik di ruang keluarga bisa berfungsi ganda sebagai penghias dan tempat penyimpan mainan.

Terakhir, cobalah menggunakan furnitur yang bisa diletakkan di luar ruangan agar lebih mampu bertahan meski tertumpah minuman, terkena cat, atau krayon ketika anak Anda bermain.

Sumber: www.casasugar.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com