Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Lucu... Uang Habis Hanya untuk Cicilan Rumah!

Kompas.com - 11/01/2014, 14:12 WIB
KOMPAS.com - Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Bagi yang memiliki uang berlebih, memang membeli secara tunai akan lebih menguntungkan. Namun, mereka yang menggantungkan pada gaji bulanan, mencicil rumah adalah langkah mudah untuk memiliki rumah sendiri.

Menyicil rumah, bukan berarti harus menghabiskan gaji Anda setiap bulan. Tidak lucu jika setiap bulan yang tertinggal hanya slip gaji, sementara hampir semua uang Anda habis untuk cicilan rumah. Berikut ini tip pembiayaan sehat dari Mike Rini, seorang financial planner:

- Jumlah total cicilan hutang (secara keseluruhan) jangan melebihi 1/3 dari pendapatan, sehingga biaya operasional sehari-hari tidak terganggu.

- Apabila pendapatan kurang cukup, maka besar cicilan bisa diperingan dengan memperpanjang masa kredit. Misalnya, dari 5 tahun ke 10 tahun.

- Ingat, bank hanya membantu 80% dari nilai apraisal rumah. Anda harus menyiapkan 20% sisanya sebagai down payment (DP) + 10% lagi untuk membayar biaya notaris dan pajak-pajak. Siapkan dana ini dengan menabung 1–3 tahun sebelumnya. Agar lebih cepat, konsentrasikan bonus, THR, dan pendapatan sampingan Anda untuk tabungan ini.

- Kalau memungkinkan, bernegosiasilah dengan pemilik rumah agar Anda bisa membayar DP secara mencicil pula.

Selamat mencicil rumah!

(Hotman Siahaan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com