Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantik dan Antik... Uni Emirat Arab Bangun "Kota Organik"!

Kompas.com - 06/01/2014, 14:19 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Kehadiran "Kota Organik" di Uni Emirat Arab (UEA) akan menjadi sebuah proyek mixed-use terdiri dari hunian, perkantoran, dan dan ruang ritel serta sarana rekreasi publik. Konsepnya cantik dan antik!

www.designboom.com Proyek ini disusun dalam dua bagian terpisah. Berbentuk bulan sabit, lima bangunan futuristik dibangun di darat, Semua aspek dari struktur tanahnya terhubung melalui berbagai jalan dan taman pada ketinggian yang berbeda-beda. Sementara itu, bangunan lainnya dirancang seolah muncul dari laut.
Dirancang dan dikembangkan oleh studio arsitektur asal Italia, Luca Curci, skema proyek ini disiapkan sebagai pusat dinamika budaya untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat berinteraksi dan bersosialisasi. Proyek ini disiapkan sebagai lanskap baru perkotaan yang cantik untuk mewakili evolusi perkotaan. Masterplan proyek ini memungkinkan adaptasi dan konsep pembangunan berkelanjutan yang dengan cermat mengikuti kebutuhan hidup modern dan lingkungan kerja masa kini.

www.designboom.com Berbentuk bulan sabit, lima bangunan futuristik dibangun di darat, Semua aspek dari struktur tanahnya terhubung melalui berbagai jalan dan taman pada ketinggian yang berbeda-beda. Sementara itu, bangunan lainnya dirancang seolah muncul dari laut.
Proyek ini disusun dalam dua bagian terpisah. Berbentuk bulan sabit, lima bangunan futuristik dibangun di darat. Semua aspek dari struktur tanahnya terhubung melalui berbagai jalan dan taman pada ketinggian yang berbeda-beda. Sementara itu, bangunan lainnya dirancang seolah muncul dari laut.

www.designboom.com Bentuk bulan sabit adalah hotel yang dapat dicapai melalui laut, darat dan udara. Adapun konstruksi terbesar merupakan kombinasi dari hotel dan kompleks apartemen modern.
Unit terkecil dari struktur ini adalah properti hunian dengan pendekatan eksklusif yang dapat dicapai melalui udara dan air (laut). Sementara itu, bentuk bulan sabit adalah hotel yang dapat dicapai melalui laut, darat, dan udara. Adapun konstruksi terbesar merupakan kombinasi dari hotel dan kompleks apartemen modern.

www.designboom.com Secara keseluruhan, skema proyek ini akan menyediakan kapasitas huni hingga 150.000 orang, dengan setengah arenya digunakan sebagai ruang terbuka hijau. Lebih dari 800.000 meter persegi area ini didedikasikan untuk hotel dan spa, sementara pusat perbelanjaan, galeri dan museum menempati 6.300.000 meter persegi.
Secara keseluruhan, skema proyek ini akan menyediakan kapasitas huni hingga 150.000 orang, dengan setengah arenya digunakan sebagai ruang terbuka hijau. Lebih dari 800.000 meter persegi area ini didedikasikan untuk hotel dan spa, sementara pusat perbelanjaan, galeri, dan museum menempati 6.300.000 meter persegi. Adapun puncak gedung ini memiliki ketinggian 470 meter, sebagai simbol  tertinggi agar mudah dikenali dari seluruh lanskap sekitarnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com