Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rumah Unimog", Mungil dan Simpel untuk Dua Kebutuhan!

Kompas.com - 03/01/2014, 16:07 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Terletak di jalan yang sibuk dekat Tuebingen, Jerman, rumah ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan antara tempat tinggal dan bengkel. Untuk itulah, Fabian Evers Arsitektur dan Wezel Architektur memutuskan mengangkat semua ruang hidup dari tanah dan membuat garasi bawah dengan tempat parkir dan bengkel untuk kendaraan Unimog milik kliennya.

www.dezeen.com Terletak di jalan yang sibuk dekat Tuebingen, Jerman, rumah ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan antara tempat tinggal dan bengkel.
"Konsepnya untuk menumpuk dua kegunaan yang berbeda atas satu sama lain, terutama untuk meminimalkan keriuhan di rumah ini, yaitu untuk mengarahkan ruang keluarga menjauh dari jalan," kata Fabian Evers.

www.dezeen.com Untuk lalu lintas, Evers membuat sebuah tangga di salah satu dinding luar bagian atas. Tangga ini mengarah sampai ke ruang dalam yang menghadap ke selatan teras sehingga terlindung dari berbagai kegiatan di bawahnya.
Para arsitek menggunakan seng bergelombang meliputi dinding dan atap lantai pertama rumah ini. Adapun bagian bangunan di bawahnya diselimuti polikarbonat tembus cahaya sehingga memungkinkan penyerapan sinar matahari saat siang hari

www.dezeen.com Adapun bagian bangunan di bawahnya selimuti polikarbonat tembus cahaya sehingga yang memungkinkan siang hari untuk menyerap sinar matahari.
"Ruang kerja akan selalu diisi dengan cahaya alami siang hari, sementara pada malam hari berubah menjadi kotak cahaya yang bersinar di antara bangunan sekitarnya," kata Evers.

Untuk lalu lintas, Evers membuat sebuah tangga di salah satu dinding luar bagian atas. Tangga ini mengarah sampai ke ruang dalam yang menghadap ke selatan teras sehingga terlindung dari berbagai kegiatan di bawahnya.

www.dezeen.com Rancangan rumah ini cocok diaplikasikan di kota-kota besar yang lahannya semakin sempit dan mahal. Pasalnya, rumah ini terletak langsung di sebelah jalan dengan lalu lintas padat dan dikelilingi oleh rumah-rumah pribadi kecil.
Rancangan rumah ini cocok diaplikasikan di kota-kota besar yang lahannya semakin sempit dan mahal. Pasalnya, rumah ini terletak langsung di sebelah jalan dengan lalu lintas padat dan dikelilingi oleh rumah-rumah pribadi berukuran kecil.  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com