Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Resolusi Ini Sebelum Menyewa Rumah Kontrakan

Kompas.com - 02/01/2014, 14:38 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tidak ada salahnya menyewa rumah. Terutama, bagi Anda yang sudah memiliki rumah sebagai investasi jangka panjang, dan ingin tinggal lebih dekat dengan tempat bekerja. Namun, jangan pernah rela mengorbankan kenyamanan Anda.

Sebagai penyewa jangka panjang, Anda tentu tahu bahwa tidak mudah menemukan tempat yang memuaskan dengan sempurna. Terutama, dalam biaya yang terjangkau. Resolusi berikut ini mungkin cocok untuk Anda. 

 
Pertama, tetapkan target bahwa tahun ini Anda akan menjadi "penyewa teladan". Operation Manager Property Management Stacy Brown, seperti dikutip dalam Huffington Post, memiliki empat hal yang mampu menjaga hubungan antara Anda dan pemilik kontrakan. Bayarlah kontrakan Anda tepat waktu. Mintalah perawatan rumah dari penyewa seperlunya. Berusahalah menjadi tetangga yang baik. Perlakukan rumah kontrakan seperti rumah milik Anda sendiri.
 
"Komunikasi (dengan penyewa) yang cukup merupakan hal penting," ujar Brown. Dia melanjutkan, ketika terjadi masalah mengenai fasilitas rumah, segeralah mengabarkannya kepada penyewa.
 
Kedua, hentikanlah "lingkaran setan" berupa kekecewaan dan penyesalan ketika menyewa rumah. Menurut Brown, Anda yang memilih atau terpaksa menyewa rumah sebaiknya mencoba untuk memvisualisasikan bagaimana hidup di tempat tersebut. Ketika mengunjungi satu rumah yang kemungkinan Anda sewa, bayangkan bagaimana Anda akan mendekor dan mengaturnya. Pertimbangkan juga ketersediaan ruang parkir. Ketika yakin bahwa Anda mampu secara efektif hidup di dalam rumah tersebut, maka Anda telah menemukan tempat yang tepat.
 
Resolusi ketiga adalah pindah ke tempat dengan ukuran ideal. Tahun baru adalah momen yang tepat untuk menyesuaikan perjanjian sewa atau pindah ke tempat baru. Jika sudah merasa rumah yang Anda tempati terlalu padat, pilihlah hunian dengan ukuran lebih besar.
 
Selain pindah ke hunian berukuran lebih besar, tidak ada salahnya juga mencari hunian dengan biaya sewa lebih terjangkau. Dengan langkah ini, Anda juga bisa menjalankan resolusi berhemat untuk tahun ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com