Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motif Desain Bisa Dihasilkan dari Pendulum

Kompas.com - 28/12/2013, 15:37 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Desainer asal Rotterdam, Belanda, David Derksen, menghias satu set piring dengan menggunakan tinta yang keluar dari pendulum. Derksen memanfaatkan pola matematis untuk mendapatkan motif yang diinginkannya dari ayunan pendulum tersebut.

Cara pembuatan ornamen piring-piring ini sebenarnya sederhana, Anda pun bisa menggunakannya sebagai inspirasi.

Derksen menamai hasil karyanya dengan "Oscillation Plates". Sesuai dengan namanya, oscillation, pola cantik yang ada pada permukaan piring memang didapat dari ayunan pendulum.
 
www.dezeen.com Sesuai dengan namanya, oscillation, pola cantik yang ada pada permukaan piring memang didapat dari ayunan pendulum.
"Sebuah pola cantik, dibentuk di bawah pengaruh gravitasi yang biasanya tersembunyi. Di satu sisi, (pola) tersebut mengikuti hukum matematis gravitasi, di sisi lain sangat menyenangkan," ujar Derksen.

www.dezeen.com Derksenmembuat pendulum berbahan kuningan. Pendulum atau bandul khusus tersebut mampu menahan dan meneteskan cat dalam jumlah tepat.
Ia membuat pendulum berbahan kuningan. Pendulum atau bandul khusus tersebut mampu menahan dan meneteskan cat dalam jumlah tepat. Derksen memastikan ukuran lubang dan kelekatan cat seimbang. Tujuannya agar pendulum mampu menghasilkan pola ramping seperti goresan pena, dengan aliran cat konstan.
 
Derksen menggunakan cat akrilik untuk mengisi pendulum dan menghias piring-piring tersebut. Selepas goncangan pertama, pendulum akan berayun terus-menerus dalam pola konstan, sembari meneteskan cat tersebut. Pola oval akan terus berulang dan menghasilkan hiasan yang unik pada piring.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com