Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suram, Bisnis Jasa Arsitektur AS!

Kompas.com - 28/12/2013, 10:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Bisnis jasa desain di Amerika Serikat memperlihatkan kecenderungan terus menurun. Terbukti dari indeks tagihan arsitektur pada bulan November lalu yang hanya mencapai 49,8. Sementara bulan sebelumnya masih bertengger di angka 51,6.

Padahal, selama enam bulan berturut-turut terjadi peningkatan permintaan. Contohnya, bulan September saja, indeks masih berada pada level 54,3, sekaligus merupakan pencapaian kedua tertinggi tahun ini.

Indeks tagihan arsitektur ini merupakan indikator utama pembangunan masa depan di Negeri Paman Sam ini. Menurut American Institute of Architecture, bulan November memang cenderung sedikit yang menggunakan jasa arsitek.

Kepala Ekonom AIA, Kermit Baker, mengatakan perusahaan arsitektur melaporkan pandangan kondisi bisnis di seluruh Amerika Serikat dengan sangat beragam. Penurunan ini mungkin hanya sementara.

"Tapi ada kegelisahan yang terus berlanjut terjadi di pasar, untuk menentukan arah masa depan bisnis ini dari permintaan bangunan komersial, industri, dan kelembagaan," tutur Kermit.

Kemerosotan terjadi juga pada indeks proyek-proyek baru. Jika pada bulan Oktober mencapai 61,5, bulan November hanya 57,8.

Secara regional, indeks tertinggi diraih kawasan Selatan dengan poin rerata 52,0. Disusul Barat Tengah (51,6), Barat  (50,2) dan Timur Laut (47,5).

Sementara secara sektoral, nilai indeks tertinggi adalah untuk perumahan multifamily (55,2), diikuti proyek campuran (53,1), komersial/industri (48,6) dan kelembangaan (47,7).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com