Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... 7 Cara Asyik "Menikmati" Libur di Rumah!

Kompas.com - 27/12/2013, 12:34 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Menikmati libur di rumah sambil membereskan rumah atau merenovasi kecil-kecilan bagian rumah bisa menjadi kegiatan menyenangkan. Tidak perlu kerja berat, tapi cukup mengatasi satu atau dua proyek saja yang menyenangkan Anda. Anda dapat memulai tahun baru 2014 nanti dengan suasana rumah lebih segar, bersih, dan nyaman.

Anda bisa meluangkan waktu untuk bekerja pada satu proyek yang biasa tidak akan pernah Anda lakukan lantaran tak punya banyak waktu, seperti mengedit foto dari tahun lalu, membereskan buku-buku dan album foto, atau garasi rumah yang berantakan. Setidaknya, satu langkah baru sudah Anda lakukan untuk menyambut tahun baru nanti. Simak beberapa kegiatan yang bisa Anda cicil untuk memulai liburan Anda berikut ini:

www.houzz.com Anda bisa memulai aktivitas ini melalui rak buku Anda satu per satu. Anda bisa menyisihkan buku yang sudah tak lagi Anda baca karena telah lama bercokol ditumpukkan paling bawah, lalu disumbangkan atau dijual untuk modal membeli buku baru yang Anda buru.
1. Bersihkan kehidupan digital Anda.

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk mengedit beberapa file foto digital Anda. Pekerjaan ini mungkin sangat menyenangkan, karena Anda bisa bernostalgia selama setahun lalu dan menciptakan ruang-ruang pada hard drive Anda untuk tahun yang akan datang.

Hapus semua file yang tak terpakai, buat file baru dan mulailah mempersempit koleksi Anda untuk menambah koleksi foto terbaru tahun depan. Adakah snapshot favorit Anda dari 2013 ini?

Jangan lupa, pastikan Anda membuat cadangan data menggunakan layanan cloud atau hard drive eksternal (atau keduanya ) jika belum melakukannya. Kumpulkan semua kata sandi Anda di satu tempat yang aman dan bersihkan virtual desktop Anda.

2. Atur koleksi buku Anda

Memilah-milah buku-buku lama tak ubahnya membereskan kolek foto Anda. Buku-buku itu menawarkan sebuah snapshot dari minat dan gairah pada saat Anda membacanya.

Anda bisa memulai aktivitas ini melalui rak buku Anda satu per satu. Anda bisa menyisihkan buku yang sudah tak lagi Anda baca karena telah lama bercokol ditumpukkan paling bawah, lalu disumbangkan atau dijual untuk modal membeli buku baru yang Anda buru.

www.houzz.com Setelah maraton membuat kue untuk menyambut Natal dan perjamuan tamu-tamu Anda, wajah dapur tentu lebih buruk dari biasanya. Nah, tak ada salahnya kini Anda memberikan perhatian dan kasih sayang pada ruangan ini sebelum tahun baru tiba.
3. Membersihkan lampu kaca

Ini adalah salah satu hal yang sebenarnya cukup cepat dan tidak repot untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan tangga yang kokoh untuk mencapai lampu-lampu itu, dan lap dengan kain kering atau kain lap. Lampu Anda akan menjadi begitu berkilau dan cerah, Anda akan bertanya-tanya mengapa tidak melakukannya lebih cepat.

4. Mengatur lemari pakaian

Sudah punya pakaian baru untuk menyambut pergantian tahun nanti? Bertambahnya koleksi, maka bertambah penuh jugalah isi lemari pakaian Anda. Untuk itu, Anda perlu membuat lebih luas bagian dalam lemari dengan menyingkirkan beberapa pakaian lama, semakin aus atau tak lagi pas dengan ukuran tubuh Anda.

Anda bisa memulainya dengan mengurut apa yang tersisa menurut jenis, mulai celana, rok, kemeja dan lainnya. Setelah itu, pilih yang benar-benar masih bermanfaat. Jika masih laik pakai, meskipun sudah tidak bermanfaat untuk Anda, sumbangkan saja koleksi-koleksi Anda ke kerabat atau teman Anda.

www.houzz.com Untuk menambah cantik taman yang baru dibersihkan ini, Anda juga bisa menghadirkan beragam tanaman pot. Anda bisa memilih beberapa jenis taman dan menyusunnya secara rapi dan membentuk pola agar sedap dipandang.
5. Memilah barang-barang anak-anak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com