Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Incar Potensi MICE di Sumatera Barat

Kompas.com - 24/12/2013, 10:34 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  - Pengembang properti mulai mengincar potensi bisnis industri pariwisata (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition/MICE) atau wisata konvensi di Sumatera Barat. Saat ini Sumatera Barat sudah masuk 10 besar lokasi tujuan utama industri wisata konvensi. 

"Dengan pertumbuhan industri wisata MICE sebesar 20 persen di tanah air, saya yakin potensi wisata konvensi di Sumatera Barat akan tumbuh pesat," ujar Presiden Direktur Riyadh Group, Bally Saputra, usai penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pengembangan Anai Golf & Mountain Resort bersama PT Andalas Anaipermai International, di Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Bally mengatakan, Riyadh Group saat ini berencana menggarap properti Anai Golf & Mountain Resort di Lembah Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk tahap pertama, pengembangan proyek tersebut akan menyedot investasi sekitar Rp1,5 triliun yang akan digarap selama lima tahun.

"Kenapa? Karena industri pariwisata di Sumatera Barat semakin membaik seiring pertumbuhan ekonomi nasional. Lokasi wisata di Lembah Anai ini juga akan menjadi destinasi utama pariwisata di Sumatera Barat," kata Bally.

Rencananya, proyek ini akan dilengkapi hotel berkapasitas 1.000 kamar serta convention hall yang mampu menampung 5.000 orang. Nantinya, lanjut Bally, kapasitas tampung hotel-hotel di sekitar Lembah Anai juga akan ikut menampung limpahan arus pengunjung.

Lokasi Anai Golf & Mountain Resort dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Bandara Internasional Minangkabau, dan 20 menit dari arah Kota Bukittinggi. Saat ini, Anai Golf & Mountain Resort dilengkapi dengan lapangan golf 18 holes sepanjang 6.270 meter dan Par 73 Design by Thomson, Wolveride & Perrett Australia, serta club house, camping ground, fasilitas outbound, serta hutan arboretum seluas 40 hektare yang sudah dilengkapi beragam jenis tanaman tropis.

Sementara itu, Presiden Komisaris PT Andalas Anaipermai International, Siswono Yudo Husodo menyatakan, Sumatera Barat sangat layak untuk menjadi salah satu destinasi pariwisata nasional kedua setelah Pulau Bali. Saat ini trafik kunjungan wisatawan di dunia luar biasa besar mengingatprovinsi ini memiliki sumber daya memadai sebagai lokasi tujuan pariwisata setelah Bali. Potensinya sangat menjanjikan, mulai karakteristik arsitektur, seni, serta kuliner untuk menyedot wisatawan asing.

"Saya sudah bertemu Gubernur Sumatera Barat, dan beliau mengapresiasi gagasan menyulap Lembah Anai sebagai lokasi wisata yang cantik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com