Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cibinong City Mall, Trik "Jemput Bola" Bisnis Ritel di Pinggir Jakarta!

Kompas.com - 22/12/2013, 15:23 WIB
Latief

Penulis

CIBINONG, KOMPAS.com - Head of Advisory Services Coldwell Banker Commercial, Tommy Bastamy, mengatakan pada 2014 mendatang perkembangan bisnis retail di luar wilayah DKI Jakarta akan semakin meningkat. Perkembangan tersebut bahkan akan muncul dalam proyek-proyek berskala besar. 

Tommy mengatakan, salah satu pemicu tersebut tak lain adalah adanya instruksi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tentang Moratorium Pemberian Izin Pembangunan Pusat Perbelanjaan Pertokoan atau Mall sehingga menyulitkan pembangunan mal di ibu kota. Diperkirakan jumlah mal skala besar dengan luas 20.000 sampai 30.000 meter persegi di pinggiran Jakarta akan meningkat. 

Salah satu proyek yang hadir dan telah diluncurkan di pengujung 2013 ini adalah Cibinong City Mall (CMM) di Cibinong, Jawa Barat. Kehadiran mal ini bahkan diprediksi menyaingi mal-mal yang sudah lebih dulu hadir di Bogor dan Depok.

Denny Putra Husodo, komisaris PT Puri Wahid Pratama, pengembang Cibinong City Mall, berani menjamin bahwa CMM akan menjadi mal pertama di Cibinong yang menghadirkan tenant-tenant ternama yang sebelumnya belum ada di salah satu kota penyangga Jakarta ini. Ia membuktikan antusiasme para tenant berpartisipasi dalam mal ini sangat tinggi, meliputi Matahari Department Store, Carrefour, Fun World, Ace Hardware dan Informa serta Studi XXI.

"Sekarang ini okupansinya sudah 80 persen, dan ini sudah kami prediksi," ujar Denny di acara pembukaan Cibinong City Mall di Cibinong, Bogor, Minggu (22/12/2013).

Denny mengaku yakin, 3-5 tahun ke depan kawasan Cibinong akan menjadi basis ekonomi yang ramai, sesuai masterplan Pemkab Bogor yang menjadikan Cibinong sebagai kota mandiri. Apalagi, lanjut dia, Cibinong sudah ditunjang akses tembus jalan tol Jagorawi dan Antasari menuju ke Jalan Tegar Beriman, serta akses tembus menuju Parung dan BSD.

Rencananya, Puri Wahid Pratama juga akan membangun mal tahap dua yang diintegrasikan dengan hotel bintang 4 dan apartemen. Pembangunan tersebut merupakan bagian dari proyek superblok Cibinong Citycentre, seluas 22 Ha dan berlokasi di kawasan CBD (Central Business District) Cibinong.

"Baru akan direalisasikan pada 2014 nanti," ujar Denny.

Jemput bola

Memasuki kuartal dua tahun ini, perkembangan bisnis ritel di kawasan Jabodetabek memang mengalami peningkatan signifikan, yaitu mencapai 82 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Peningkatan itu terjadi terutama akibat perkembangan ritel di kawasan-kawasan sub Jakarta, seperti Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, dan sekitarnya.

Sebelumnya kepada Kompas.com, Direktur Coldwell Banker Commercial Patrick Siwemole mengatakan, Cibinong City Mall adalah salah satu contoh pesatnya pertumbuhan properti sektor ritel atau pusat perbelanjaan yang tidak hanya di Jakarta, namun juga kota-kota penyangga, seperti Bekasi, Depok, Bogor, Bintaro, Tangerang, dan Serpong.

Sebagai ibukota Kabupaten Bogor, Cibinong, dengan jumlah populasi yang tinggi sebesar 3,4 juta jiwa dan sekitar 2.500 sentra industri akan menjadi kawasan pusat perdagangan dan bisnis yang dibidik oleh sejumlah investor. Kondisi tersebut akan menjadikan Cibinong berpotensi besar di bisnis ritel.

"Seperti pernah saya katakan, tumbuhnya mal-mal di pinggiran Jakarta ini jadi semacam tren jemput bola. Konsumen lebih baik mencari yang dekat dengan huniannya ketimbang harus ke mal di Jakarta," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com