Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreatif, Pohon Natal di Luar Pakem Cemara!

Kompas.com - 21/12/2013, 12:29 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi yang merayakannya, Natal tidak hanya hari libur. Natal bisa jadi ajang berkumpul keluarga, atau momen berharga untuk merefleksikan kembali hidup masing-masing umat manusia.

Biasanya, momen berharga seperti ini dimeriahkan oleh dekorasi khas Natal, seperti "Pohon Natal", garlandmistletoe, dan berbagai ornamen lainnya. Namun, dekorasi ini bukan "harga mati". Ada banyak cara menyemarakkan perayaan Natal tanpa perlu terpaku pada kebiasaan. Berikut ini beberapa cara membuat "Pohon Natal" yang bebas dari "pakem".

Pertama, buatlah "Pohon Natal" Anda dalam dua dimensi. Alih-alih menghabiskan banyak ruang di dalam rumah dengan memajang pohon cemara, gunakan saja dinding Anda sebagai tempat memajang pohon cemara. Cara ini cocok bagi Anda yang tinggal sendiri di dalam asrama, apartemen, atau rumah berukuran kecil. Idenya adalah membuat gambar "Pohon Natal" dari selotip.
 
Untuk membuatnya, Anda memerlukan washi tape, selotip, atau lakban, dan gunting. Anda bisa menambahkan beberapa ornamen lain, seperti manik-manik, kancing, atau kain felt untuk Anda tempelkan di permukaan selotip. Washi tape merupakan jenis selotip yang penuh warna dan ornamen. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko kerajinan tangan, toko buku, atau toko yang khusus menjual alat tulis.
 

Buat bentuk siluet cemara di dinding, hias sesuka Anda, baik dengan washi tape maupun dengan manik-manik, kancing, atau kain felt. Anda juga bisa membuat kegiatan ini sebagai kegiatan bermain bersama anak Anda. Jika anak Anda sudah cukup besar, Anda bisa memperbolehkannya membuat sendiri "Pohon Natal" yang dia inginkan. Tentu, di bawah pengawasan Anda.

Selain menggunakan washi tape, Anda juga bisa membuat "Pohon Natal" dua dimensi dengan menggunakan untaian lampu. Rekatkan lampu-lampu dengan magic tape atau selotip yang tidak meninggalkan bekas di dinding, dan pastikan Anda menggunakan LED untuk memastikan keamanannya.


Kedua, Anda bisa membuat "Pohon Natal" dari kerucut kertas. tentu, ornamen ini bentuknya tidak besar. Anda bisa membuatnya dalam jumlah yang cukup banyak dan menjadikannya centerpiece untuk meja makan, kredensa, atau console table di rumah Anda. Agar lebih menarik, Anda pun bisa memvariasikan ukurannya.
 
Cara buatnya mudah. Anda hanya perlu membentuk kerucut dari kertas, karton, atau lembaran busa. Gulung kertas tersebut dan pastikan salah satu sisinya lancip hingga membentuk kerucut. Lem kertas tersebut, kemudian hias seluruh bagian kerucut tersebut. Gunakan pita bertekstur untuk menutup kerucut dan membuatnya lebih menarik. Jangan lupa, lem pita tersebut dengan lem tembak.

Cara lain membuat "Pohon Natal" yang tidak biasa adalah menata buku-buku tebal hingga membantuk pohon cemara, kemudian menghiasnya dengan untailan lampu. Seperti dikutip dalam Family Sponge.com, Anda membutuhkan sekitar 80 buku. Sebagai catatan, gunakan lampu LED karena lampu tersebut tidak cepat panas dan tidak membahayakan buku dan keselamatan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com