Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren... Furnitur dari Kolase Komputer Bekas!

Kompas.com - 17/12/2013, 16:52 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tak ada habisnya bicara soal kreativitas menyulap barang-barang bekas menjadi barang bermanfaat. Tak hanya fungsional, tapi menjadi barang yang punya estetika.

Kreativitas "menyulap" barang bekas bisa muncul setelah menghabiskan waktu berjam-jam berkeliling toko atau pasar loak, toko-toko perabot antik, atau gudang-gudang tua yang ditinggalkan penghuninya. Inilah yang ingin dibuktikan oleh Benjamin Rollins Caldwell, seniman asal Carolina selatan, Amerika Serikat.

www.designboom.com Caldwell menyajikan rangkaian potongan furnitur yang telah lebih dulu dipesan, yaitu berupa kolase dari motherboard, chip komputer, layar LED dan disk hard drive.
Caldwell telah menyusun furnitur dari peralatan komputer usang dan komponen elektronik bekas untuk dipamerkan pada Binary Collection, Design Miami 2013. Caldwell menyajikan rangkaian potongan furnitur yang telah lebih dulu dipesan, yaitu berupa kolase dari motherboard, chip komputer, layar LED dan disk hard drive.

www.designboom.com Semua furnitur memang seratus persen dari daur ulang komputer yang telah direklamasi dari sekolah-sekolah dan kantor-kantor yang ingin menyingkirkan peralatannya.
"Semuanya 100 persen daur ulang dari komputer yang telah direklamasi dari sekolah-sekolah dan kantor-kantor yang ingin menyingkirkan peralatan mereka," kata Caldwell kepada Designboom.

www.designboom.com Untuk membuat kerangka dari setiap bentuk
Untuk membuat kerangka dari setiap bentuk "furnitur" ini, Caldwel memanfaatkan pondasi dari PC bekas. Ia lalu mempreteli isinya, menambal sisi kanan dan kiri, tengah dan permukaannya dengan beragam kabel dan hard ware bekas lainnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com