Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati "Rasa Obat" di Kedai Kopi Starbucks

Kompas.com - 17/12/2013, 10:04 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kedai kopi modern identik dengan citra eksklusif. Beberapa kedai kopi mewah menawarkan konsep dekorasi seperti ruang tamu, beberapa kedai kopi lainnya bahkan berdekorasi seperti warehouse yang unik. Bagaimana pun dekorasinya, umumnya kedai-kedai kopi ini menawarkan nuansa eksklusif yang nyaman bagi konsumen.

Kedai kopi Starbucks di New Orleans, Amerika Serikat ini juga menawarkan eksklusifitas, namun dengan pendekatan yang unik. Mereka menawarkan konsep apothecary atau toko obat klasik tahun 1900-an.

Kedai kopi ini berada di salah satu sudut Canal Street, New Orleans. Menurut Designtaxi.com, Starbucks menerima bantuan dari seniman lokal. Dengan bantuan mereka, kedai kopi ini juga menampilkan penghormatan pada semangat artistik khas New Orleans. Mereka juga tidak malu  menonjolkan akar daerah tersebut sebagai pelabuhan tempat jual-beli kopi.

Seniman lokal tersebut ternyata seorang pemahat atau sculptor bernama David Borgerding. Borgerding membuat chandelier atau lampu gantung dari pagar besi tua dan terompet vintage. Kedua hal ini diharapkan mampu mengingatkan para pengunjung kedai mengenai budaya New Orleans, terutama musik jazz-nya.

Selain Borgerding, ada pula seniman lokal lainnya yakni, Jason Horton yang ikut terlibat dalam pembuatan kedai kopi ini. Berbeda dari Borgerding, Horton bertanggung jawab pada karya lukisan berupa gambar biji-biji kopi pada kanvas mungil di rak. Ada pula Cherrylion Studios yang bekerja melukis proses kopi dari biji hingga "menjelma" jadi segelas kopi.

Jika di bagian depan kedai ini benar-benar tampak seperti toko obat vintage, bagian belakang  bisa digunakan oleh para konsumen terasa lebih tenang, namun masih tampak vintage. Di ruangan ini terdapat kursi-kursi vintage dan sebuah mural berukuran besar karya seniman asal Atlanta, Tommy Taylor. Lukisan tersebut menarik, karena seolah "menghidupkan" logo Starbucks yang misterius.

Hampir sama seperti seluruh kedai kopi Starbucks di seluruh dunia, kedai ini pun didominasi oleh warna-warna gelap, misanya dinding hitam, besi berwarna hitam, dan kayu yang elegan. Menurut rilis yang dipublikasikan dalam situs resmi perusahaan tersebut, New Orleans memang merupakan salah satu tempat istimewa bagi Starbucks. Setelah membuka kedainya pada tahun 1998 di Maple Street, Starbucks sudah menggelar berbagai konferensi kepemimpinan internasional di kota ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com