Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkawinan Arsitektur dan Film Terjadi Tahun Depan!

Kompas.com - 12/12/2013, 21:25 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Mexico City akan menjadi tuan rumah festival film dan arsitektur, MEXTRÓPOLI,  pada 22 hingga 26 Maret 2014 mendatang. Acara yang diselenggarakan oleh Arquine Conference tersebut digadang-gadang akan menjadikan Mexico City sebagai episentrum bagi dunia arsitektur dan pemimpin transformasi kreatif.

Acara tersebut merupakan sebuah proyek kritis yang akan mendorong dan mempromosikan kebudayaan, dan memotivasi generasi muda turut berpartisipasi dalam pertumbuhan urban, dan menampilkan warisan artistik Mexico City. Sebanyak 30 aktivitas akademik, kebudayaan, dan pariwisata akan berpartisipasi.

Festival ini terdiri atas kuliah umum (atau disebut dengan Listen) yang menghadirkan para pionir dalam dunia arsitektur dan desain urban dari berbagai negara. Setidaknya, 20 nama sudah mengonfirmasi sebagai pembicara, mulai dari Mantan Gubernur Bogota Antanas Mockus dari Columbia, Mantan Gubernur Curitiba Jaime Lerner dari Brazil, hingga Mantan Gubernur Barcelona Jordi Hereu dari Spanyol.

Selain kuliah umum, ada pula dialog (Dialogue) yang terdiri atas acara bincang-bincang meja bundar, dialog urban, dialog politik, hingga beberapa program khusus. Program ini akan mengikutsertakan opini seputar kota, moda transportasi, kependudukan, dan masalah kota.

Bengkel kerja atau workshop (Participate) pun ikut digelar. Temanya tidak jauh terpaut dari segmen Listen dan Dialogue. Bengkel kerja mendiskusikan dan mengajak peserta turut ambil bagian dalam proyek mengenai kota, taman, dan mural.

Sesuai dengan program utama acara ini, film dan arsitektur, MEXTRÓPOLI juga akan memutar film dokumenter dan menampilkan presentasi pencahayaan.

Terakhir, peserta bakal diajak berkeliling kota, baik dengan menggunakan sepeda, maupun  berjalan kaki.

Menurut estimasi, sebanyak 800.000 orang hadir selama festival. 300.000 diharapkan hadir di pusat acara, di Historical Center, 150.000 anggota komunitas Arquine, dan 5.000 peserta konferensi.

Sementara itu, kabar penyelenggaraan acara ini mulai disebarkan akhir tahun 2013 dengan memanfaatkan jumlah penduduk setempat yang mencapai 20 juta jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com