Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkas Jarak 6.000 Km, China Bangun Pelabuhan di Eropa

Kompas.com - 09/12/2013, 18:46 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Miliarder China, Wang Jing berencana membangun imperium bisnis di Eropa. Guna merealisasikan impiannya itu, ia menginvestasikan 10 miliar dollar AS (Rp 116,8 triliun) di pelabuhan laut, Ukraina.

Wang diketahui bermitra dengan Ukraina Kievgidroinvest LLC untuk mengembangkan zona ekonomi khusus di negara semenanjung tersebut. Pembangunan diawali pada akhir 2014 mendatang dengan konstruksi dan renovasi pelabuhan laut Sevastopol senilai 3 miliar dollar AS (Rp 35 triliun).

Pendanaan untuk tahap pertama telah dijamin seluruhnya melalui modal Wang sendiri, pinjaman bank dan investasi dari mitra strategis.

Sedangkan rencana tahap kedua meliputi bandara, terminal gas alam cair dan galangan kapal berbuaya 7 miliar dollar AS (Rp 81,7 triliun).

Wang menandatangani perjanjian dengan pemilik Kievgidroinvest LLC, Aleksey Mazyuk. Mereka yakin, bahwa proyek pelabuhan ini akan menciptakan rute pengiriman baru dari China ke Eropa, demikian sebaliknya, sehingga dapat memperpendek jarak transportasi sepanjang 6.000 kilometer dan menjadi katalisator perdagangan di kawasan China dan negara-negara Eurasia.

Wang menjadi buah bibir dunia tatkala Wang berencana membangun calon serius penantang Terusan Panama yakni kanal di Amerika Tengah-Nikaragua senilai 40 miliar dollar AS (Rp 467,2 triliun). Kendati mendapat kritik tajam atas rencana, sumber pendanaan, kelayakan dan dampak lingkungan, Wang maju terus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com